Image

Sudah 4 Hari, Ribuan Warga Kabupaten Bekasi Terdampak Banjir

Djamhari, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 13:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 08 338 1856541 sudah-4-hari-banjir-rendam-sejumlah-kecamatan-di-kabupaten-bekasi-iJXHewd04Y.jpg Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bekasi banjir (Foto: Djamhari)
BEKASI - Kepala Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Abdul Rasyid mengatakan, dampak intensitas curah hujan tinggi membuat debit air Kali Citarum maupun aliran kali lainnya meningkat. Akibatnya banjir sudah empat hari merendam sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bekasi, kata Rasyid, sudah ada laporan masuk dari lima kecamatan yang wilayahya terendam banjir, sejak Sabtu 3 Februari lalu. Di antaranya, Kecamatan Tambelang, Pebayuran, Babelan, Sukawangi, dan Sukakarya.

“Untuk wilayah lainnya, masih ada juga hanya laporannya belum disampaikan oleh tim di lapangan seperti, di Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin, dan Cikarang Selatan, serta beberapa wilayah lainnya,” kata Rasyid saat dikonfirmasi Okezone.com, Kamis (8/2/2018).

(Baca Juga: Sungai Citarum Siaga I, Rumah Warga di Muaragembong Bekasi Kebanjiran)

Menurutnya, banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi ini disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dan peningkatan debit air Kali Citarum, serta aliran kali yang melintas di wilayah tersebut, hingga meluap ke sejumlah permukiman warga.

“Untuk rata-rata ketinggian banjir yang menggenangi pemukiman warga itu, sekitar 40 cm -150 cm. Dan terjadi sejak Sabtu (3 Februari) lalu, hingga saat ini. Khususnya, malam kemarin. untuk jumlah warga yang menjadi korban banjir di seluruh wilayah itu totalnya ribuan mas,” jelas Rasyid.

Berkaitan dengan kondisi banjir yang terjadi di sejumlah wilayah itu, diakui Rasyid, pihaknya telah melakukan langkah untuk membantu sejumlah warga yang terdampak dengan pendistribusian seperti, mi instan, air mineral, matras, selimut, dan juga air bersih untuk keperluan warga disana.

“Untuk bantuan ini kita distribusikan tidak ke seluruh wilayah melainkan, beberapa wilayah saja. Hal ini dikarenakan prosedur yang harus kami jalani di antaranya, sesuai dengan permintaan dari aparat masing-masing dan petugas di lapangan,” tandas Rasyid.

(Baca Juga: Tujuh Permukiman di Bekasi Banjir, Puluhan Warga Diungsikan)

Sebagai informasi, dari lima kecamatan itu tidak semua desa terendam banjir tapi, hanya beberapa desa saja seperti, di Kecamatan Pebayuran, Kecamatan Sukawangi, dan Tambelang terdiri dari tiga desa, serta dua lainnya, Sukakarya dan Babelan ada satu desa.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini