Image

Pemerintah Taiwan Sediakan Musala bagi Mahasiswa Muslim

Shara Nurachma, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 11:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 65 1856455 pemerintah-taiwan-sediakan-musala-bagi-mahasiswa-muslim-HqDhDUegoi.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah Taiwan memberi kemudahan bagi umat muslim yang menempuh studi di Taiwan dengan menyediakan tempat beribadah bagi para pelajar dan wisatawan di negara tersebut.

Karena banyaknya masyarakat Indonesia yang berada di Taiwan, seperti TKI dan pelajar, pemerintah Taiwan juga telah memberi sertifikat halal pada beberapa restoran di negara tersebut. Saat ini mahasiswa muslim Indonesia hampir merata ada di setiap kampus di Taiwan.

“Seiring banyaknya pelajar, mahasiswa muslim asal Indonesia yang belajar di Taiwan sehingga kampus dan sekolah di sana memberikan fasilitas tempat ibadah,” ungkap Ketua Taiwan Education Center (TEC) Indonesia Rini Lestari seperti dilansir dari Solopos, Kamis (8/2/2018).

Biaya hidup di Taiwan ternyata lebih murah daripada di Jakarta, dengan Rp5 juta saja, sudah bisa hidup berkecukupan di Taiwan selama sebulan. Mahasiswa Indonesia juga berkesempatan bekerja paruh waktu di berbagai tempat usaha atau perkantoran. Untuk biaya sewa tempat tidak lebih dari Rp10 juta selama satu semester atau selama 6 bulan.

“Mahasiswa asal Indonesia lebih banyak dipilih untuk diajak bekerja, karena tergolong penurut dan sopan,” kata Rini.

MUI membuka cabang di Taiwan sehingga masyarakat, mahasiswa, pelajar muslim tidak perlu khawatir, baik soal makan maupun tempat ibadah. Berdasarkan pengamatan TEC sudah 50 persen kampus yang menyediakan musala.

Mahasiswa Indonesia di Taiwan harus rajin mencari-cari informasi seputar beasiswa karena pemerintah Taiwan sudah sangat memberi kemudahan terkait pendidikan bagi mahasiswa Indonesia dengan menyediakan berbagai jenis program beasiswa hampir di semua kampus. Di Taiwan juga terdapat semacam sekolah vokasi dengan sistem tiga bulan belajar dan tiga bulan praktik.

Adapun beberapa universitas yang dihadirkan dalam Taiwan Higher Education Fair yakni, National Taiwan University, Tunghai University, National Sun Yat-sen University, Taipei Medical University, Providence University dan Tzu Chi University. Semua universitas tersebut adalah universitas terkemuka di Taiwan dan memiliki teknologi canggih, fasilitas internet yang murah dan cepat, juga kampus yang dibuka 24 jam guna memudahkan wadah belajar mahasiswa.

Mahasiswa sangat dianjurkan memanfaatkan kesempatan-kesempatan dari informasi yang didapat pada acara Taiwan Higher Education Fair tersebut dengan baik.

“Seiring perkembangan teknologi kini dunia lebih banyak berkiblat kepada Taiwan terutama di sektor pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pendidikan layaknya juga harus berubah, tidak selalu harus Amerika Serikat, saatnya mengarah ke Taiwan,” Kata Kepala Kantor Urusan Internasional UGM I Made Andi Arsana dalam kesempatan tersebut.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini