Image

UGM Akan Tutup Program D-3 Pada 2019

Shara Nurachma, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 65 1856638 ugm-akan-tutup-program-d-3-pada-2019-7NBzyigohR.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Isu program D-3 akan ditutup sudah mencuat sejak beberapa hari lalu. Begitu juga dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sudah mengambil keputusan akan menutup program D-3 untuk semua jurusan terkait dengan pengembangan sekolah vokasi. Rencananya penutupan program D-3 akan dilakukan pada 2019.

Itu artinya, 2018 menjadi tahun terakhir UGM menerima mahasiswa program D-3. Namun demikian, penutupan D-3 bukan berarti UGM akan menutup sekolah vokasi. Program D-3 akan dikembangkan menjadi D-4 atau sarjana terapan. Selanjutnya pada 2021 UGM akan membuka program S-2 terapan.

Terdapat total 32 jurusan D-3 di UGM dan baru enam jurusan yang diubah menjadi D-4, tersisa 26 jurusan lagi yang masih D-3.

“Soal biaya sama, disesuaikan dengan UKT [uang kuliah tunggal], tidak pakai tarif gila-gilaan, enggak. Kalau teknik jelas lebih mahal dari sosial karena praktiknya mahal, butuh listrik, las, dll.” ujar Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto seperti dilansir dari Solopos, Kamis (8/2/2018).

Rencana Fokus pada D-4 itu sepenuhnya merupakan kebijakan internal UGM. “Pembukaan D-4 itu bukan asal-asalan, namun benar-benar sesuai kebutuhan industri. Mengingat selama perkuliahan delapan semester, dua di antaranya digunakan untuk magang di perusahaan,” ujar Wikan.

Koordinator Kopertis Wilayah V Bambang Supriyadi juga menyatakan presentase sekolah vokasi masih rendah, jumpah program S-1 sudah mencapai 350 program studi dari 599 prodi, sedangkan D-3 tidak sampai 100 program studi. Menurutnya, universitas lain dapat mencontoh UGM yang memiliki Sekolah Vokasi.

Bambang juga menambahkan, pihakya akan berupaya untuk mempertahankan bahkan mengupayakan pengembangan sejumlah program yang mengarah ke vokasi agar tidak dengan mudah ingin berubah menjadi sekolah tinggi atau universitas dengan cara menghilangkan program diploma.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini