nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim UGM Raih Medali Emas Dalam Ajang Internasional di Thailand

Shara Nurachma, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 08:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 08 65 1856654 tim-ugm-raih-medali-emas-dalam-ajang-internasional-di-thailand-1ZZJnLYm8M.jpg Foto: Dok UGM

JAKARTA - Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses membawa medali emas dari Ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition yang diselenggarakan pada 2-6 Februari di Thailand. Selain itu, mereka juga mendapat special award dari Polandia.

Mereka adalah Sahala Wahyu Wardana dan Ema Nur Afifah dari Fakultas MIPA serta Kharirotul Suhaila dan Rasyidin Caniago dari Fakultas Pertanian. Mereka sukses mendapat penghargaan berkat mengembangkan platform kolamkita.com.

Kolamkita.com adalah platform yang berguna untuk meningkatkan budidaya ikan air tawar di Indonesia. Platform ini dikembangkan dengan teknologi modern aquaculture. Kolamkita.com memiliki tiga layanan utama, yakni menyediakan informasi budidaya ikan yang valid dan terkini, menyediakan kebutuhan dan paket budidaya ikan, serta menyediakan jasa pemasaran ikan pasca panen.

Awalmula mereka memiliki ide utuk membuat platform ini adalah karena rasa keprihatinan mereka terhadap masyarakat sekitar yang sebenarnya banyak berminat untuk membudidayakan ikan air tawar tetapi masih minim ilmu budidayanya. Selain itu, masyarakat juga masih kebingungan persoalan terkait lahan budidaya dan penjualan pasca panen.

Permasalahan tersebut menggugah Sahala dan rekan-rekannya untuk mengembangkan sebuah platform yang dapat menjadi wadah untuk memudahkan masyarakat dalam persoalan budidaya perikanan.

“Jadi dalam platform ini kita menyediakan seluruh kebutuhan budidaya ikan mulai dari informasi budidaya, konstruksi kolam, benih ikan, pakan, hingga market untuk menjual produk hasil budidaya,” jelas Sahala.

Saat ini platform kolamkita.com masih dalam tahap pengembangan, rencananya kolamkita.com akan dirilis pada pertengahan 2018.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini