nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampus Asing Berdiri di Indonesia, Wapres JK: Lebih Efisien

Kamis 08 Februari 2018 16:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 08 65 1856666 kampus-asing-berdiri-di-indonesia-wapres-jk-lebih-efisien-6wqv62gd3w.jpg Foto: Dok Okezone

DEPOK - Rencana masuknya universitas asing ke Indonesia dinilai oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla lebih efisien untuk mengadopsi pendidikan yang lebih maju daripada mengirim mahasiswa Indonesia belajar ke luar negeri.

Dengan begitu, pelajar Indonesia memiliki kesempatan yang lebih luas dan terbuka untuk bisa merasakan belajar di universitas asing dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia.

“Triliunan pemerintah biayai melalui program LPDP. Mengirim mahasiswa Indonesia ke mancanegara menggunakan dana pemerintah. Mana yang lebih baik? Kita bawa sekolahnya ke sini sehingga lebih banyak anak yang bisa sekolah,” ujar Jusuf Kalla pada acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2018 yang bertempat di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, seperti dilansir dari laman Solopos.

Wapres juga menjelaskan bahwa praktisi pendidikan di Tanah Air akan lebih mudah bertukar ilmu dan membandingkan perkembangan dunia pendidikan jika perwakilan resmi perguruan tinggi asing benar-benar masuk ke Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir sebelumnya memang mengatakan akan membuka peluang bagi universitas ternama macanegara untuk beroperasi di Indonesia.

Rencananya ada 10 perguruan tinggi asing yang akan beroperasi di Indonesia pada pertengahan 2018. Namun dengan ketentuan, universitas asing yang ingin masuk ke Indonesia harus bekerjasama dengan universitas swasta di Indonesia. Selain itu, universitas asing juga harus membuka program studi yang diprioritaskan menteri pendidikan, yaitu bidang sains, teknologi, keinsinyuran, matematika, bisnis, dan manajemen. (sha)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini