nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Bakal Calon Rektor Universitas Brawijaya Jalani Tes Kesehatan

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 65 1856781 4-bakal-calon-rektor-universitas-brawijaya-jalani-tes-kesehatan-Fr3BYRxLuO.jpg Foto: Avirista/Okezone

MALANG - Usai lolos seleksi administrasi, bakal calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) menjalani serangkaian tes kesehatan selama tiga hari mulai 6-8 Februari 2018 di RSUD Syaiful Anwar.

Keempat bakal calon Rektor yakni Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS, Dr. Ir. Osfar Sjofyan, M.Sc., dan Dr. Tjahyo Suprayogo, M.Si., mengikuti rangkaian tes kesehatan jasmani dan psikotes di RSUD Syaiful Anwar serta tes narkoba yang dilakukan BNN Kota Malang di Gedung Balai Senat UB.

Tim Kesehatan Pilihan Rektor, dr. Syamsul Arifin mengatakan tes kesehatan yang dilakukan guna melihat kondisi fisik tubuh, sedangkan psikologi dalam rangkaian tes kesehatan ini dilakukan menganalisa karakter mental bakal calon Rektor UB.

"Untuk sesi tes kesehatan jasmani ada tes jantung lewat treadmill, tes thorax, tes mata, THT, cek darah dan gula. Para bakal calon rektor harus berpuasa sehari sebelumnya agar mendapatkan nilai yang valid saat cek darah dan gula,” lanjut dr. Samsul.

Sedangkan pada tes narkoba yang dilakukan BNN diambil sampel urine dengan pengetesan pada 6 parameter yaitu AMP, METH, THC, COC, OPIAT/MOP, BZO.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Malang Ir. Bambang Sugiharto, menjelaskan tes narkoba dilakukan guna mengantisipasi adanya indikasi kandungan obat terlarang dari dokter pada usia di atas 50 tahun.

"Dengan adanya tes narkoba kepada bakal calon rektor menjadi contoh bagaimana concern civitas kampus dalam pemberantasan narkoba," tutur Bambang.

Dari sini diharapkan baik dosen, karyawan, dan mahasiswa juga ikut memberantas dan menjauhi narkoba. Hasil dari serangkaian tes kesehatan nantinya akan diumumkan di Rapat Senat Universitas Brawijaya pada Kamis (15/2/2018) mengenai penetapan Bakal Calon Rektor yang nantinya akan melanjutkan ke tahap penyaringan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini