nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kagum dengan Keindahannya, Jokowi Akan Revitalisasi Rumah Gadang Solok Selatan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 337 1857171 kagum-dengan-keindahannya-jokowi-akan-revitalisasi-rumah-gadang-solok-selatan-MhC4j4nt9K.jpg foto: Illustrasi

PADANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengagumi keindahan rumah gadang yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat. Sebab itu, ia meminta keberadaan rumah khas dari Tanah Minang tersebut dapat dilestarikan.

Kepala Negara menceritakan awal mula kekagumannya terhadap bangunan rumah gadang yang ada di Solok Selatan tersebut. Kala itu pada tahun 1983, Jokowi muda pernah pergi mendaki ke Gunung Kerinci dengan menggunakan bus yang melintasi Padang, Sumatera Barat.

Dalam perjalanan itu, Jokowi melihat keindahan rumah gadang yang dikaguminya hingga saat ini.

"Saya ingat betul waktu naik Kerinci lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat yang sangat cantik dan indah sekali. Dan hingga saat ini sebagian masih merawat kekaguman itu," kata Jokowi dalan perayaan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Kekaguman itu membuat Kepala Negara telah menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mencanangkan revitalisasi seribu rumah gadang di Solok Selatan. Ia menargetkan revitalisasi tersebut rampung pada tahun ini.

"Nanti revitalisasi ini di seluruh Sumbar dan seluruh pelosok Tanah Air," ucap dia.

Selain rumah gadang, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memerintahkan menteri di Kabinet Kerja terkait untuk mempercantik Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Desa ini disebut-sebut sebagai desa terindah di dunia. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu telah melihat langsung desa tersebut pagi tadi sebelum menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional Ke-32.

Jokowi juga telah menginstruksikan revitalisasi Desa Pariangan selesai pada tahun 2018 ini. "Landacape restorasi rumah-rumah yang ada akan menambah cantik rumah adat, baik di Solok Selatan atau di Pariangan," imbuhnya.

(wal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini