nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Berencana Segera Periksa Zumi Zola sebagai Tersangka

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 22:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 09 337 1857441 kpk-berencana-segera-periksa-zumi-zola-sebagai-tersangka-B5nfGJEacf.jpg Juru Bica KPK Febri Diansyah (foto: Antara)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana secepatnya akan memanggil Gubernur Jambi Zumi Zola untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka dalam kasus kasus dugaan penerimaan hadiah serta janji terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi.

"Tadi saya cek ke penyidik tentu akan dijadwalkan ya pemanggilan tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dikantornya, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2018).

(Baca Juga: Zumi Zola Siap Ditahan KPK)

Febri menyebut, keterangan Zumi dibutuhkan untuk membuat kasus ini semakin terang benderang. Tetapi, Febri tetap menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik terkait dengan jadwal pemanggilan tersebut.

"Kami berharap tidak terlalu lama tapi sepenuhnya tergantung pada strategi penyidikan," tutur Febri.

Penetapan tersangka Zumi Zola merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi, tahun 2018. Dalam hal ini, KPK menyangka Zumi telah menerima gratifikasi berupa hadiah dan uang sebesar Rp6 miliar.

(Baca Juga: Jadi Tersangka, Zumi Zola Belum Niat Lawan KPK Lewat Praperadilan)

Selain Zumi, lembaga antikorupsi juga menetapkan Pelaksana T‎ugas (Plt) Kadis PUPR Jambi, Arfan pada kasus dugaan penerimaan hadiah serta janji terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi. Mereka berdua diduga bersama-sama telah menerima hadiah atau janji.

Atas perbuatannya, mereka disangkakan melanggar Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini