Image

Beasiswa Chevening Targetkan 100 Penerima Asal Indonesia

Shara Nurachma, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 12:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 65 1857057 beasiswa-chevening-targetkan-100-penerima-asal-indonesia-Slykr28M5V.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - 100 mahasiswa Indonesia ditagetkan terima Beasiswa Chevening dalam waktu tiga tahun ke depan untuk menempuh pascasarjana di Inggris.

“Kami masih on schedule, saya harap untuk meningkatkan lagi jumlah penerima beasiswa, harapan kami 2-3 tahun bisa mencapai seratus,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik pada acara Kumpul Tahunan Alumni Chevening Indonesia di Jakarta baru-baru ini seperti dilansir dari Antara, Jumat (9/2/2018).

Kuota Indonesia telah ditingkatkan oleh Pemerintah Inggris menjadi 70 orang sejak 2015. Jumlah tersebut sudah termasuk terbesar keempat setelah India, China, dan Brazil. Jumlah itu sudah naik tiga kali lipat dari sebelumnya. Peningkatan tersebut dilakukan sebagai bentuk investasi Pemerintah Inggris di Indonesia karena melihat potensi Indonesia yang sangat tinggi untuk kemajuan dalam dan luar negeri juga kawasan maupun dunia.

“Jadi kami telah berinvestasi yang besar untuk sumber daya manusia Indonesia karena kami sadar Indonesia memiliki potensi yang besar, salah satu negara yang memiliki peran penting untuk kesejahteraan dan perekonomian dunia,” ujar Malik.

Untuk mewujudkan rencana target 100 mahasiswa, upaya ini juga melibatkan banyak sponsor dan dukungan berbagai pihak dari Inggris dan Indonesia untuk menggalang dana. Seperti, Kementerian Informatika, Bank CIMB Niaga, dan ada juga beberapa universitas.

Duta Besar Inggris yang fasih berbahasa Indonesia tersebut juga menyampaikan harapannya agar para alumni dapat ikut serta dalam melancarkan kerjasama antar dua negara ini.

Saat ini Indonesia sendiri memiliki 1.400 alumni Chevening sejak beasiswa tersebut ditawarkan pemerintah Inggris pada 1986. Acara kumpul tahunan tersebut juga menjadi acara penyambutan kepulangan 70 mahasiswa pascasarjana dari Indonesia penerima beasiswa Chevening angkatan 2016-2017 yang belajar di berbagai universitas di Inggris.

“Kami menantikan bekerja bersama dengan Anda untuk meraih potensi Indonesia dan tentu saja tolong bantu saya mewujudkan motto saya 'kerja bersama, berhasil bersama',” tutup Malik.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini