nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 6 Universitas Terbaik di Asia 2018

Shara Nurachma, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 16:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 65 1857068 ini-6-universitas-terbaik-di-asia-2018-3lR4oTh5QC.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - The 2018 Asia University Rankings mengungkapkan ada lebih dari 350 universitas terbaik di Asia pada 2018. Terdapat institusi dari 25 negara dalam daftar tersebut. Jepang memimpin dengan menyumbangkan 89 universitas yang masuk dalam daftar. Sementara China menempati posisi kedua dengan diwakili 63 universitas. India naik dari hanya 33 universitas dalam daftar menjadi sebanyak 42 universitas. Untuk pertama kalinya, tahun ini Hongkong yang paling terwakili dengan menempatkan 3 universitas dalam urutan 10 besar.

Sama dengan tingkatan universitas dunia, tingkatan Universitas Asia juga dinilai berdasarkan 13 indikator kinerja, namun ini telah disesuaikan dengan standar universitas Asia. Berikut ini enam universitas terbaik di Asia seperti dilansir dari Time Higher Education, Minggu (11/2/2018).

1. Universitas Nasional Singapura, Singapura

Lembaga tertua di Singapura ini mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak. National University of Singapore (NUS) menggabungkan keunggulan dan inovasi penelitian. NUS masuk dalam 30 besar di tingkatan dunia, dengan nilai yang sangat tinggi untuk penelitian dan prospek internasional, serta kinerja yang menonjol dalam rekayasa dan teknologi. Fokus kewirausahaan di universitas tersebut dimulai sejak 30 tahun lalu dengan dibentuknya pusat inovasi dan technopreneurship yang berdedikasi.

NUS menggunakan metode pembelajaran ala Inggris melalui tutorial kelompok kecil dan sistem kredit semester seperti di AS untuk memenuhi persyaratan gelar. Gelar lebih fleksibel daripada di Inggris, seperti dalam sistem AS, siswa dapat mentransfer antara SKS di awal gelar mereka, mengambil modul di fakultas yang berbeda dan diminta untuk memiliki pilihan kursus lintas disiplin yang banyak. Banyak siswa tinggal di kampus yang memiliki 6.000 kamar asrama mahasiswa, semuanya dilayani oleh bus antar jemput milik kampus untuk membawa siswa berkeliling kampus. Banyak alumni lulusan NUS yang menjadi orang berpengaruh seperti empat perdana menteri Singapura dan Presiden Singapura, dua perdana menteri Malaysia, dan banyak politisi, pebisnis dan tokoh-tokoh lokal lainnya.

2. Universitas Tsinghua, China

Universitas Tsinghua berkomitmen pada sistem multidisiplin selama lebih dari 30 tahun, setelah mengalami banyak perubahan sejak didirikan pada tahun 1911. Tsinghua dikenal sebagai salah satu universitas paling elit di China dan hanya menerima siswa yang mendapat nilai sangat tinggi dalam ujian nasional.

Universitas ini menawarkan 51 program sarjana dan lebih dari 200 gelar pascasarjana. Tsinghua juga masuk dalam 30 besar tingkatan universitas dunia. Ini juga mencapai posisi 30 besar untuk teknik dan teknologi, ilmu hayati, kedokteran, ilmu fisika, ilmu komputer dan bisnis.

Lokasi universitas ini berada di barat laut Beijing di sebuah distrik yang secara khusus ditunjuk sebagai pusat universitas. Bangunannya menampilkan arsitektur tradisional China dan gaya Barat, terlihat dari bekas bekas kebun kerajaan dinasti Qing. Kampus tersebut dinobatkan sebagai salah satu yang terindah di dunia.

3. Universitas Peking, China

Universitas Peking juga menempati urutan teratas di 30 besar seluruh dunia dan merupakan universitas nasional modern pertama di China yang didirikan pada akhir abad ke-19. Sekarang dikenal sebagai pusat pemikiran progresif dan keunggulan penelitian. Saat ini memiliki 216 pusat penelitian, dua di antaranya adalah institusi teknik nasional.

Meskipun universitas tersebut mengajar dan meneliti sains dan humaniora, universitas ini secara khusus menonjol secara internasional untuk ilmu fisika dan teknik. Perpustakaan Universitas Peking adalah yang terbesar di Asia, memiliki 11 juta buku dan sumber lainnya.

Setelah pindah pada tahun 1952, kampus utama sekarang berada di bekas lokasi kebun kekaisaran dinasti Qing dan masih memiliki beberapa bangunan asli, termasuk taman, pagoda dan bangunan bersejarah. Pintu gerbang masuk ke kampus memiliki mural di langit-langit dan terkenal sebagai ciri khas Universitas Peking.

Di kampus, ada asrama khusus untuk 2.000 siswa internasional. Banyak pemikir terkemuka di China adalah alumni Universitas Peking. Tiga penerima hadiah Nobel juga adalah lulusan institusi tersebut. Sangat banyak lulusan Universitas Peking menjadi orang berpengaruh di dalam dan luar negeri, terutama dalam politik China. Fisikawan partikel Chen-Ning Yang, juga adalah alumni universitas tersebut.

4. Universitas Hong Kong, Hong Kong

Universitas Hong Kong atau HKU terletak di Pokfulam. HKU mengguakan bahasa Inggris dalam aktivitas belajar megajar. Didirikan oleh Gubernur Inggris pada tahun 1911 namun mulai mengintegrasikan budaya dan pendidikan Tionghoa ke dalam kuliah pada tahun 1927, ketika tingkat pertama bahasa China ditawarkan.

Bangunan di kampus utama adalah beberapa contoh arsitektur kolonial Inggris yang tersisa. Gedung Utama selesai dibangun pada tahun 1912, merupakan bangunan tertua dan telah dinyatakan sebagai monumen nasional.

Penerimaan di HKU sangat selektif, ada sekira 12 pendaftaran untuk setiap tempat untuk sarjana internasional. Bagi siswa asal China, mendapat tempat untuk setiap 31 pendaftaran. Butuh empat tahun untuk menyelesaikan program sarjana dan butuh satu atau dua tahun lagi untuk program medis. Semua siswa lokal sekarang diminta untuk mengikuti kursus bahasa Inggris dan bahasa China. Banyak lulusan HKU terlibat dalam membangun politik, ekonomi dan budaya China modern. Banyak juga yang berada di posisi senior di perusahaan sektor swasta.

5. Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong, Hong Kong

Pertama kalinya masuk lima besar, Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hong Kong didirikan pada tahun 1991. Universitas ini berfokus pada pengajaran dan pembelajaran di bidang sains, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis namun juga menawarkan kursus dalam ilmu sosial dan humaniora.

Lembaga ini terletak di bagian utara Semenanjung Teluk Clear Water di Distrik Sai Kung. Bangunan kampus berdiri di lereng bukit. Fasilitas akademis berada di tingkat atas dan asrama tempat tinggal serta fasilitas olahraga berada di pinggir laut. Perpustakaan Lee Shau Kee terletak di pusat kampus dan berisi lebih dari 720.000 buku cetak dan elektronik dan 47.000 majalah. Perpustakaan juga berisi kumpulan peta lama China dan seluruh Asia yang diproduksi oleh kartografer China dan Barat selama 500 tahun terakhir.

6. Nanyang Technological University, Singapura

Di usia yang ke-27 tahun, Nanyang Technological University secara konsisten berada di antara universitas terbaik di dunia. NTU sangat terkenal dengan teknik dan teknologi, dan memiliki berbagai jurusan teknik di dalam Fakultas Teknik.

Nanyang Business School adalah yang terbesar di Singapura, 160 profesor dari lebih dari 20 negara mengajar akuntansi dan bisnis kepada mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana. Sekira 25.000 mahasiswa terdaftar di universitas ini dan 30 persen adalah orang internasional.

NTU menjalankan program sarjana untuk menarik siswa sekolah terbaik yang juga memiliki prestasi ekstrakurikuler yang luar biasa. Para ilmuwan menerima bimbingan pribadi dari mahasiswa, mahasiswa juga memiliki kesempatan penelitian intensif, melakukan perjalanan ke luar negeri dan berinteraksi dengan para penerima hadiah Nobel.

Mungkin secara mengejutkan mengingat fokus teknologinya, banyak lulusan yang berpengaruh telah menjadi politisi dan pegawai negeri. Banyak juga lulusan yang menjadi petinggi di media dan eksekutif bisnis.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini