nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Dalam Membuat Resume Kerja, Apa Saja?

Shara Nurachma, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 09:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 09 65 1857074 4-kesalahan-dalam-membuat-resume-kerja-apa-saja-33xlpt44pG.jpg Foto: Shutterstock

Sebagai lulusan baru, sulit untuk memahami di mana letak kesalahan dalam aplikasi pekerjaan kamu. Apakah itu jumlah aplikasi perusahaan yang diterima? Kenyataan bahwa kamu belum cukup memiliki banyak jam terbang? Atau hal lain yang tidak terpikir, mungkin panggilan "Tuan/Mam" di surat lamaran Anda?

Tidak mudah untuk menemukan dimana tepatnya kamu telah salah, itulah sebabnya identifikasi kesalahan ini ditulis. Ini dia empat penyebab potensial mengapa lamaranmu ditolak seperti dilansir dari Top Universities, Minggu (11/2/2018).

1. Ada jarak waktu kamu melamar pekerjaan

Pada titik tertentu, setiap orang akan sedikit istirahat dalam kerja mereka. Itu bisa disebabkan oleh apapun misalnya dari perjalanan ke keluarga dll. Namun terlepas dari alasannya, periode waktu yang signifikan akan membuat manajer bertanya-tanya apa yang menyebabkan kamu tidak bekerja begitu lama.

Mengungkapkan alasan jeda kerja pada resume kamu atau tidak itu kembali padamu. Namun, bagi beberapa manajer perekrutan ini akan menjadi pertimbangan perekrutan. Sebagai alternatif, kamu dapat meminta mereka untuk menghubungimu untuk menjelaskan kesenjangan waktu tersebut, meskipun tidak ada jaminan bahwa percakapan ini akan terjadi juga.

2. Resume kamu tidak terlihat cocok dengan pekerjaan

Jika ingin menonjol dari pesaing lain, penting untuk memastikan resume yang kamu miliki menjual, yah. Penting juga untuk memastikan bahwa resume kamu menunjukkan kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar. Katakanlah, misalnya, kamu mendaftar untuk menjadi seorang desainer grafis. Jika demikian, masuk akal untuk resume kamu tampil semenarik dan semengesankan mungkin.

Demikian juga, jika kamu melamar untuk staf manajemen proyek atau di departemen organisasi, tetapi resume kamu tidak menunjukkan kamu banyak keahlian dan pengalaman, perusahaan tentu tidak akan memberi kamu kepercayaan.

3. Kamu menggunakan bahasa yang salah

Menggunakan majas atau peribahasa atau kata ungkapan yang terlalu banyak adalah berlebihan. Hal itu bisa membuat bingung dan mengaburkan kebenaran.

Terlalu sering menggunakan kata singkatan atau kata-kata yang tidak efektif di resume kamu akan membuat manajer perekrutan memutar mata mereka dan melemparkan resume kamu ke tumpukan resume yang ditolak. Tugas memindai resume dapat diberikan kepada seseorang yang tidak terbiasa dengan semua kata-kata rumit yang kamu gunakan. Jadi, gunakanlah bahasa yang sederhana, mudah dimengerti namun tetap sopan dan mencerminkan kalau kamu itu cerdas. Fokuskan untuk menjelaskan portfoliomu dan juga pengalamanmu yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

4. Resume kamu terlalu panjang

Penerbit memiliki aturan. Jika mereka tidak tertarik di halaman pertama naskah, mereka akan membuangnya. Hal yang sama berlaku untuk resume.

Jika kamu masih membutuhkan setengah bagian dari keseluruhan penjabaran resume kamu hanya untuk menjelaskan judul pekerjaan, kemungkinan manajer tidak akan tertarik. Kata kunci dapat membantu kamu mempraktikkan bagaimana kamu menjual diri dalam resume sampai pada wawancara yang sebenarnya.

Sebaiknya kamu memuat pengalaman kerja terbaru dengan informasi paling sederhana, lalu sisakan bagian untuk fokus pada beberapa sorotan dan pencapaian utama.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini