Image

UI Raih Juara 1 di IECOM 2018

Shara Nurachma, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 65 1857263 ui-raih-juara-1-di-iecom-2018-8jAoH9fcyj.jpg Foto: Dok UI

JAKARTA - Tim Caelius dari Universitas Indonesia (UI) berhasil memenangkan juara pertama pada IECOM 2018 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka adalah tiga mahasiswa Teknik Industri yaitu Bhagas Aufa Handoyo, Millatina Mirrah Putri, dan Dita Anggraeni Kusumaningrum.

IECOM 2018 adalah kompetisi teknik industri berskala internasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Keluarga Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (MTI ITB) dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Industri tingkat S-1 dari semua negara di Asia Tenggara.

Ada tiga tahap yang perlu dilalui untuk menjadi pemenang IECOM 2018. Tahap pertama adalah kuis tim. Pada tahap ini peserta harus adu cepat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu teknik industri dengan benar. Pada tahap kedua, semifinalis diberi studi kasus tentang permainan investasi simulasi. Tahap pertama dan kedua bertujuan untuk memilih 5 tim terbaik yang akan diumumkan sebagai finalis IECOM 2018 dan berpartisipasi dalam pentas Grand Final.

Di grand final, finalis IECOM 2018 akan mengunjungi Gaya Motor Company untuk melakukan observasi langsung dan melakukan pengambilan data yang berkaitan dengan kasus yang diberikan oleh perusahaan. Setelah melakukan observasi dan mengumpulkan data yang dibutuhkan, pada keesokan harinya para finalis diberi waktu 12 jam untuk memberi solusi terbaik memecahkan kasus di Gaya Motor Company. Penyelesaian kasus tersebut dipresentasikan kepada juri keesokan harinya.

Tim Caelius memberikan solusi dengan menggunakan metode yang jelas dan menganalisis berbagai faktor, seperti garis penyeimbang, rantai pasokan, perawatan, sumber daya manusia, dan tentunya kualitas keuntungan perusahaan. Hal ini membuat mereka menjadi lebih unggul dalam kategori penilaian.

Salah satu anggota tim, Kusumaningrum, mengatakan bahwa kunci kemenangan mereka adalah tim yang saling melengkapi. "Saat kamu membuat sebuah tim, kamu perlu tahu kapasitas dan kemampuan masing-masing. Jangan mencari anggota dengan kemampuan yang sama, kamu perlu mencari seseorang yang bisa saling melengkapi, " jelasnya seperti dilansir laman UI, Senin (12/2/2018).

Berbagai persiapan untuk menghadapi IECOM 2018 dilakukan oleh Tim Caelius UI, dari mulai menentukan pembagian kerja secara konsisten hingga berbagi pengalaman pada kompetisi yang telah diikuti sebelumnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini