Image

Helikopter Wisata Jatuh di Grand Canyon, 3 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 20:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 11 18 1857966 helikopter-wisata-jatuh-di-grand-canyon-3-orang-tewas-K26F3ofO9l.jpg 3 Orang tewas akibat kecelakaan helikopter di Grand Canyon, Amerika Serikat (Foto: Teddy Fujimoto/Daily Mail)

ARIZONA – Sedikitnya tiga orang tewas ketika sebuah helikopter terjatuh di dekat kawasan Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat (AS). Armada milik Papillon Grand Canyon Helicopters itu mengangkut sedikitnya tujuh orang, termasuk pilot, ketika jatuh di Huapalai Nation pada Sabtu 10 Februari sekira pukul 17.30 waktu setempat.

Empat orang lainnya diketahui mengalami luka yang cukup serius. Mereka belum dapat dievakuasi ke rumah sakit terdekat karena angin bertiup cukup kencang di Quartermaster Canyon. Juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil AS, Allen Kenitzer menuturkan, helikopter nahas itu berjenis Eurocopter EC130.

“Helikopter yang terbang dari fasilitasnya di Las Vegas itu mengalami kerusakan yang cukup substansial,” ujar Allen Kenitzer lewat surat elektronik, mengutip dari New York Daily, Minggu (11/2/2018).

Sejumlah saksi mata menuturkan, terjadi kekacauan ketika mereka melihat helikopter itu jatuh dan terbakar. Fotografer bernama Teddy Fujimoto tengah berada di lokasi untuk mengambil foto prewedding ketika melihat orang-orang berlarian.

“Saya mengikuti mereka dan melihat asap. Saya melihat dua orang gadis yang terlihat dengan jelas masih hidup dan sadar. Keduanya kira-kira berusia 30-40 tahun. Mereka terjatuh di sebuah bukit, sekira 600 kaki di bawah tempat kami berdiri,” ujar Teddy Fujimoto, mengutip dari The Sun.

Ia menambahkan, butuh waktu sekira 10 menit bagi layanan darurat untuk tiba di lokasi. Ketika mereka sampai, api yang membakar helikopter sudah padam. Meski jumlah korban sudah diketahui, identitas mereka belum diungkapkan oleh kepolisian.

Perusahaan Papillon Grand Canyon Helicopters sendiri memiliki riwayat yang tidak terlalu baik. Armada mereka pernah mengalami kecelakaan pada 2001 ketika lima orang dari New York tewas saat berwisata di Grand Canyon. Papillon lantas diselidiki belasan kali oleh Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS sejak 2001.

Seorang pilot tewas terbunuh pada 2002 ketika gagal melakukan pendaratan. Insiden lebih konyol terjadi pada 2014 ketika seorang pilot meninggal saat berhenti untuk pergi ke toilet. Pilot itu lupa mematikan mesin dan tewas tersambar baling-baling ketika hendak keluar dari helikopter.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini