nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serangan Pisau di Pusat Perbelanjaan China, 1 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 22:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 11 18 1857984 serangan-pisau-di-pusat-perbelanjaan-china-1-orang-tewas-mHkCcLLtHi.jpg Seorang korban dibawa dengan menggunakan tandu untuk mendapat perawatan (Foto: Channel News Asia)

BEIJING – Seorang perempuan tewas dan 13 lainnya luka-luka setelah seorang pria melancarkan serangan pisau di Joy City Mall, Distrik Xidan, Beijing, China. Kepolisian setempat mengatakan, pelaku sudah berhasil ditangkap tidak lama setelah menjalankan aksinya.

Melansir dari Reuters, Minggu (11/2/2018), tiga orang pria dan 10 orang wanita dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu, para pengunjung hanya mengalami luka kecil sehingga tidak perlu mendapat perawatan lebih lanjut.

Pelaku hanya diidentifikasi bermarga Zhu dari Provinsi Henan. Polisi mengatakan, pria berusia 35 tahun itu mengaku menjalankan aksinya demi mengekspresikan ketidaknyamanan. Akan tetapi, polisi tidak menjelaskan lebih lanjut maksud atau motif pelaku.

Dari video yang beredar di aplikasi WeChat, ceceran darah terlihat di lokasi kejadian ketika para pengunjung berhamburan menyelamatkan diri. Seorang korban berhasil diselamatkan dari lokasi penyerangan meski sempat terjatuh saat berlari.

Serangan semacam itu cukup jarang terjadi di China mengingat ketatnya penjagaan terutama di kota-kota besar. Akan tetapi, angka serangan pisau dan kapak meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan target utama adalah anak-anak.

Pada 2015, polisi menahan seorang pria yang melakukan serangan dengan pedang hingga menewaskan seorang perempuan dan melukai seorang pria berkewarganegaraan Prancis di sebuah pusat perbelanjaan di Beijing. Serangan semacam itu biasanya diyakini karena pelaku mengalami gangguan jiwa atau memiliki dendam.

Benda tajam seperti pisau atau kapak digunakan sebagai senjata karena peredaran senjata api dikontrol sangat ketat. Pemerintah China sendiri kerap menuding serangan pisau dilakukan oleh militan dari wilayah Xinjiang atau secara khusus etnis Uighur.

Sedikitnya 31 orang tewas dalam serangan pisau di Stasiun Kereta Api Kunming pada 2014. Pemerintah menduga serangan tersebut didalangi oleh kelompok militan Xinjiang. Polisi berhasil menembak mati empat orang pelaku serangan tersebut.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini