Rahma, Bocah 10 Tahun Ini Merawat Ibunya yang Lumpuh

Era Neizma Wedya, Sindo TV · Minggu 11 Februari 2018 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 11 340 1857866 rahma-bocah-10-tahun-ini-merawat-ibunya-yang-lumpuh-t73STLgRX4.jpg Rahma saat merawat ibunya (foto: Ist)

LUBUK LINGGAU - Potret kemiskinan di Kota Lubuk Linggau, tepatnya di di Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuk Linggau Utara I, Sumatera Selatan. Yang mana seorang bocah berusia 10 tahun dengan telaten merawat ibunya yang sudah lumpuh sejak 3 tahun lalu akibat tertimpah pohon.

Dan kini Rahma Dona Aulia harus mengambil alih mengurus pekerjaan rumah tangga yang dulu biasa dilakukan oleh sang ibu, mulai dari memasak, mencuci pakaian hingga mengurus rumah.

Selain itu juga, Rahma yang duduk di kelas 3 Sekolah Dasar di Kota Lubuk Linggau harus mengurus adik yang berusia 4 tahun dan kakaknya yang memiliki keterbelakangan mental. Namun semua itu di jalani Rahma tanpa beban, walaupun seharusnya di usia tersebut Rahma seharusnya sedang menikmati masa-masa bermain bersama teman-temannya, namun hal itu tidak membuatnya bersedih hati.

Karena saat ini yang harus dilakukan Rahma adalah merawat ibunya dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Setiap hari aktivitas Rahma dimulai sejak pagi hari yakni memandikan ibunya, setelah itu memasak untuk makan sehari-hari, baru kemudian ia bersiap-siap untuk sekolah.

Lalu untuk menuju sekolah Rahma juga harus berjalan kaki melalui persawahan hingga akhirnya sampai di SD 54 Lubuk Linggau tempatnya menimbah ilmu.

Kondisi Keluarga Rahma juga jauh dari ketercukupan terutama sejak ditinggal ayahnya yang meninggal dunia 3 bulan yang lalu. Sehingga untuk kebutuhan sehari-hari harus mengandalkan belas kasihan dari keluarga dan tetangga.

Rumah tempat tinggal Rahma juga terbilang cukup memprihatinkan dengan dinding rumah yang sudah banyak lapuk usang dimakan rayap, dinding rumah yang banyak bolongnya, serta tidak memiliki kamar mandi sehingga kalau untuk mandi harus menumpang dengan sumur tetangga.

Bakti Rahma banyak membuat masyarakat terenyuh dan mengulurkan bantuan untuk kelangsungan hidup keluarga Ibu Devi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini