Image

Jadi Lumbung Energi Nasional, Riau Dipilih sebagai Tuan Rumah Hakteknas ke-23

Mufrod, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 10:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 11 65 1857845 jadi-lumbung-energi-nasional-riau-dipilih-sebagai-tuan-rumah-hakteknas-ke-23-wMOheXy8eT.jpg Foto: Dok Kemristekdikti

PEKANBARU - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, menyebut Riau merupakan salah satu daerah yang menjadi lumbung energi nasional. Alasan itulah yang membuat dirinya tertarik menyelenggarakan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang akan berlangsung pada 10 Agustus 2018.

“Alasan penting lainnya pemilihan Riau sebagai tuan rumah karena Kemristekdikti menilai Provinsi Riau sukses mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dengan menjadi salah satu penerima penghargaan Budhipura dari Kemristekdikti tahun 2017 di Kota Makassar,” jelas M Nasir, di Riau Sabtu 10 Februari 2018 malam.

Ia menambahkan bahwa pemilihan Provinsi Riau sebagai tuan rumah hari puncak Hakteknas ke-23 karena Riau merupakan salah satu lumbung energi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera, khususnya sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini sesuai dengan tema Haktenas 2018, oleh karena itu Riau tepat ditunjuk sebagai tuan rumah.

Pemilihan Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah Hakteknas ke-23 melanjutkan tradisi Kementerian Riset Teknologi untuk menyelenggarakan Puncak Peringatan Hakteknas di luar kota Jakarta. Peringatan Hakteknas ke-21 dilaksanakan di Kota Solo, sedangkan Hakteknas ke-22 dilaksanakan di Kota Makassar.

Ketua Umum Hakteknas ke-23, Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Hakteknas ke-23 di Riau, antara lain: Welcoming Dinner, Acara Hari Puncak, Ritech Expo, Pameran Inovasi Daerah, Lomba/Apresiasi Anugerah Inovasi Nasional, Lomba Krenova Daerah, Kegiatan Ilmiah Nasional dan Internasional, Bakti Inovasi Nasional, Talkshow, Car Free Day dan Side Event.

"Diharapkan semua Perguruan Tinggi dan Kopertis seluruh Indonesia melaksanakan ekspos dan upacara Hakteknas di daerah pada tanggal 10 Agustus 2018. Semua rangkaian kegiatan tersebut disesuaikan dengan tema, sub tema dan ‘tagline’ Hakteknas ke-23 tahun 2018," ungkap Jumain Appe.

Seperti ditambahkan, Gubernur Riau Arsyadjuliandi menyambut baik dan siap menyukseskan pelaksanaan Puncak Peringatan Hakteknas ke-23 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Kami siap dalam menyukseskan dan menjadi tuan rumah penyelengarakan Hakteknas tahun ini di Riau." pungkasnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini