Image

Kembalinya Supercar Stratos Bikin Ferrari Was-Was?

Sindonews, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 06:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 15 1858124 kembalinya-supercar-stratos-bikin-ferrari-was-was-VrgB7jsPsB.jpg Foto: Istimewa

MILAN - Stratos is back! Ya, mobil sport legendaris Italia tersebut akhirnya akan melakukan debut resminya di Geneva Motor Show 2018 pada Maret mendatang.

Stratos akan diproduksi oleh Manifattura Automobili Torino, bukan prinsipal Fiat Chrysler yang sekarang hanya fokus memproduksi mobil kompak perkotaan untuk pasar Italia.

Stratos versi abad ke-21 tersebut pertama kali dipamerkan dalam bentuk konsep pada 2010. Ini adalah  hasil karya perusahaan bernama New Stratos Gbr. Mobil dirancang berdasarkan sasis Ferrari F430 Scuderia yang dibalut dengan desain baru oleh Pininfarina.

Namun Ferrari sepertinya jadi was-was dan kurang dapat menerimanya dan mungkin menghalangi produksi Stratos. Sebab pabrikan Kuda Jingkrak tak mau menyumbang komponen yang dibutuhkan New Stratos Gbr. Penolakan tidak hanya mencakup sasis, tapi juga mesin V8 4,3 liter F430 -  paling tidak karena New Stratos menyetelnya dengan 540 tenaga kuda yang lebih tinggi daripada Ferrari.

Sementara Laman Slash Gear menuliskan, Manifattura Automobili Torino (MAT) telah menandatangani kesepakatan dengan New Stratos Gbr untuk memasukkan mobil mereka ke dalam lini produksinya. Tentunya dengan menggunakan desain dan teknologi yang sama dengan mobil mereka.

[Baca Juga: Indonesia Kirim 3 Supercar ke Pacuan Ferrari Challenge 2018]

Sebagai awalnya, MAT hanya memproduksi 25 unit mobil. Mereka mengklaim Stratos sebagai supercar yang kompeten untuk penggunaan sehari-hari.

Menurut MAT, platform untuk New Stratos akan memungkinkan pembuatan pembalap GT dan versi Safari. Kendaraan akan dibangun dengan bermodalkan 550 tenaga kuda lebih. Bersama dengan suspensi yang disesuaikan secara khusus dan keseimbangan ideal, unit ini memberikan pengalaman bahwa tidak ada supercar lain yang dapat menaklukan jalan yang padat dan berkelok-kelok.

Lancia Stratos yang asli dirancang oleh Bertone, sebuah mobil reli kompak yang memenangkan beberapa gelar juara sepanjang tahun 1970-an. Kurang dari 500 unit telah diproduksi.

Strato Stradale produksi tahun 1975 dijual kembali pada tahun 2013 dengan harga lebih dari USD376.000. Dua tahun kemudian, di London, mobil lain dijual sekitar USD430.000.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini