Image

Cerita Ban Pecah hingga Truk Mitsubishi yang Jadi Panggung Iwan Fals Nyangkut di Terowongan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 17:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 15 1858465 cerita-ban-pecah-hingga-truk-mitsubishi-yang-jadi-panggung-iwan-fals-nyangkut-di-terowongan-euT9mn2ZW4.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Setiap musisi tentu memiliki kisah menarik masing-masing jika berbicara tentang perjalanan karirnya. Baru-baru ini, penyanyi sekaligus penulis lagu Iwan Fals mendapatkan kesempatan untuk melakukan roadshow di 10 kota besar. Uniknya, ia bernyanyi di atas truk Mitsubishi Colt Diesel FE 74 Long.

Ditemui dalam suatu acara pada Senin (12/2/2018) di kawasan Pulo Mas, Jakarta Timur, pria berusia 56 tahun itu berbagi kisah tersebut. "Ini adalah pengalaman unik, saya sangat sulit untuk menggambarkan perasaan karena perjalanannya menguras emosi. Ini benar-benar bukan hanya sekadar perjalanan musik tapi buat saya ini juga perjalanan spiritual, perjalanan ibadah," tutur Iwan Fals.

Dengan melakukan roadshow tersebut, dirinya dapat merasakan suka duka sopir truk secara langsung. "Saya bisa merasakan ketabahan bapak-bapak sopir yang bekerja siang-malam, pagi-sore. Bahkan saya sempat melihat beberapa kali ban pecah, ada juga yang asnya patah, bahkan sampai sopirnya tidur di bawah kendaraan karena mungkin banyak barang bawaan untuk dijaga," cerita suami dari Rosana itu.

Iwan Fals begitu menghayati perjalanannya. Sampai-sampai dirinya tidak sempat untuk menciptakan lagu. Dia berharap setelah roadshow bisa memiliki waktu untuk berpikir lebih jernih dan tenang untuk mengambil intisari dari perjalanannya.

[Baca Juga: Rangkaian 55 Event Truck Campaign, Iwan Fals Uji Ketangguhan Mitsubishi Fuso FE 74 Long]

"Siapa tahu menjadi lagu yang menceritakan motivasi, ketabahan, kekuatan, keramah-tamahan, cinta kasih, perjuangan orang bekerja, tentang alam yang harus dijaga, dan itu sangat penting. Kalau semua serasi, bisnis akan lebih oke lagi," tambahnya.

Salah satu perjalanan yang berkesan bagi Iwan Fals adalah pada saat ia melakukan perjalanan ke Sibolga, Medan. Ketika melewati sebuah terowongan, truk yang digunakan untuk bernyanyi ternyata   'nyangkut' dan tidak bisa melewatinya. Keadaan itu membuat truk harus berputar arah mencari jalan lain, padahal sudah menempuh perjalanan kurang lebih 4-5 jam.

Walau begitu, Iwan Fals tidak ikut serta dalam truk dan berpisah menggunakan mobil yang lebih kecil sehingga bisa melanjutkan perjalanan melewati terowongan tersebut.

Meskipun roadshow telah berakhir, Iwan Fals ternyata dihadiahi truk panggung untuk melanjutkan karirnya. Lantas bagaimana tanggapan pria kelahiran 3 September 1951 itu?

"Sesuai dengan fungsi truk, saya tetap memanfaatkannya untuk bermusik. Selain itu, sekira 1,5 jam dari rumah saya ada perkebunan, jadi mungkin truk digunakan untuk angkut hasil perkebunan," pungkasnya.

[Baca Juga: Wow, Truk Colt Diesel Terpanjang di Dunia Ini Akan Jadi Panggung Konser Iwan Fals]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini