Image

Presiden Jokowi: Diplomat Harus Bisa Hasilkan Uang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 12:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 12 18 1858231 presiden-jokowi-diplomat-harus-bisa-hasilkan-uang-w3IhVz7TIH.jpg Presiden Joko Widodo berfoto bersama Menlu Retno Marsudi, Wamenlu AM Fachir dan kepala perwakilan RI. 12 Februari 2018. (Foto: Dok. Kemlu)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Raker Keppri) yang diadakan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Senin 12 Februari. Raker Keppri kali ini merupakan pertemuan pertama sejak terakhir kali digelar pada 2015 di awal kabinet kerja.

BACA JUGA: 8 Fokus Politik Luar Negeri Indonesia di 2018

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap para diplomat Indonesia yang memiliki tugas berat sebagai perwakilan Republik Indonesia. Beliau juga memberikan arahan dan menyampaikan harapannya kepada para kepala perwakilan RI.   

"Menjadi diplomat di zaman sekarang ini tidak mudah, tugas diplomat semakin tidak mudah karena banyaknya ketidakpastian yang terjadi saat ini di dunia," kata Presiden.

"Oleh karena itu peningkatan baru diplomasi kita harus terus kita sesuaikan, sesuai dengan tantangan zaman yang ada. Diplomat yang cepat, responsif, tanggap."

Presiden meminta para diplomat untuk terus berupaya mendatangkan dana bagi negara dengan  meningkatkan kinerja dalam peningkatkan ekspor dan investasi. Tidak lupa mereka juga diminta untuk melaksanakan tugasnya dalam melindungi warga negara Indonesia di luar negeri serta kedaulatan RI di dunia.

"Bukan diplomat yang membuang uang tapi diplomat yang menghasilkan uang. Diplomat yang berpihak pada warganya di luar negeri. Diplomat yang tidak akan mundur seinci pun untuk membela kedaulatan negaranya. Diplomat yang memberikan kontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan dunia," lanjutnya.

BACA JUGA: Keren! Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan Eksekutif UNESCO

Raker Keppri 2018 dihadiri oleh 134 kepala perwakilan RI di seluruh dunia yang terdiri dari Duta Besar, Konsul Jenderal dan Konsul RI. Raker ini akan berlangsung selama empat hari sampai Kamis, 15 Februari.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini