nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Pertahanan Udara Terbaru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 18:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 18 1858407 rusia-berhasil-uji-coba-rudal-pertahanan-udara-terbaru-d61Mol6nlO.jpg Rudal pertahanan udara itu diuji coba di Kazakhstan (Foto: TASS)

MOSKOW – Militer Rusia mengklaim berhasil menguji coba sistem pertahanan antirudal yang teknologinya sudah ditingkatkan. Uji coba tersebut dilakukan dalam jarak tembak yang cukup memadai di fasilitas Sary-Shagan di Kazakhstan.

“Kami sudah berhasil menguji coba sebuah rudal pertahanan diri yang sudah di-upgrade,” ujar Wakil Komandan Satuan Tugas Pertahanan Udara dan Rudal Angkatan Udara Rusia, Andrei Prikhodko, mengutip dari TASS, Senin (12/2/2018).

“Karakteristik taktis dan teknis rudal terkait jarak, ketepatan (presisi), dan waktu operasional meningkat pesat jika dibandingkan dengan persenjataan masa kini,” ujar Prikhodko.

Ia menambahkan, rudal hasil pengembangan terbaru ini mampu menghalau serangan rudal tunggal maupun dalam jumlah banyak, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) generasi terbaru.

Mengutip dari Xinhua, Prikhodko mengklaim seluruh teknologi dan bagian dari rudal itu dikembangkan oleh manufaktur-manufaktur di Rusia. Dalam uji coba tersebut, rudal berhasil menyelesaikan tugas serta mencapai target dengan akurasi tinggi yang sudah ditentukan sebelumnya.

BACA JUGA: China Klaim Berhasil Uji Coba Sistem Antirudal 

Uji coba sistem pertahanan antirudal belum lama ini juga sukses dilakukan oleh China, sekutu Rusia. Beijing mengklaim seluruh sistem pertahanan antirudal mereka dapat menghancurkan mulai dari satelit di udara hingga rudal balistik nuklir paling canggih.

China dan Rusia sengaja mengembangkan sendiri teknologi sistem pertahanan antirudal. Uji coba tersebut bahkan sudah dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu sejak 2010. China menegaskan bahwa pengembangan teknologi sistem antirudal dimaksudkan untuk pertahanan diri dari musuh, bukan untuk tujuan ofensif.

BACA JUGA: Arab Saudi Sepakat Beli Sistem Pertahanan S-400 Milik Rusia 

Rusia juga memiliki sistem antirudal S-400 yang diklaim paling mutakhir. Sistem tersebut mampu mencegat semua tipe persenjataan udara modern, tidak terkecuali pesawat tempur generasi terbaru serta segala jenis rudal balistik dan jelajah dengan radius mencapai 250 mil.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini