nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komplotan Ini Beli Tembakau di Pasar untuk Racik 'Dji Sam Soe' Palsu

Badriyanto, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 09:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 338 1858151 komplotan-ini-beli-tembakau-di-pasar-untuk-racik-dji-sam-soe-palsu-2Mg1xetsP6.jpg ilustrasi

JAKARTA - Aparat Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap seorang tersangka Tan Han Ging alias Gino (47), seorang tersangka pembuat rokok palsu dengan merek terkenal Dji Sam Soe yang kemudian diedarkan di warung-warung warga di kawasan Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto menyampaikan, rokok hasil buatan Gino itu tampak menyerupai produk yang asli. Pelaku membeli tembakau di pasar kemudian diracik, kemudian dibungkus dengan bungkus rokok yang dibuat sendiri itu sama persis dengan Dji Sam Soe pada umumnya.

"Jadi tersangka ini membuat sendiri kardus atau pembungkus rokok merek Dji Sam Soe dan membuat stempel Dji Sam Soe pada kertas papir, sedangkan tembakau di beli di pasar," kata Mardiaz dalam keterangannya, Senin (12/2/2018).

Pekerjaan itu ia keluti sejak Juni 2017, dalam satu hari mampu memproduksi 1 bal rokok Dji Sam Soe palsu dengan total dan jika diuangkan kurang lebih mencapai Rp10 juta rupiah. Barang tersebut dikirim ke tersangka lainnya yang sudah ditangkap sebelumnya, yakni Bambang Sudarmaji, kemudian dijual oleh Budi Santoso Zen ke warung-warung.

"Salah satunya pelaku ini menjual ke warung milik Musripah yang menjadi korban, dan juga yang telah melaporkan temuan itu ke polisi," tutur Mardiaz.

Adapun pelaku Gino diringkus pada Senin 5 Februari lalu atas pengembangan penangkapan tiga pelaku sebelumnya. Ia dijerat Pasal 386 KUHP dan Pasal 62 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman hingga empat tahun penjara.

Dalam kesempatan itu juga, petugas berhasil menyita barang bukti berupa dua karung berisi 12 rim kertas papir yang sudah ada stempel Sampoerna, dua buah alat cetak untuk melinting rokok, satu buah ember berisi 1/5 kilogram tembakau, satu kardus berisi kertas pembungkus rokok Dji Sam Soe, dan satu rim kertas papir.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini