Image

Ini Keinginan Paslon Pilgub Jabar soal Nomor Urut

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 21:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 525 1858622 ini-keinginan-paslon-pilgub-jabar-soal-nomor-urut-13pnw8eh46.jpg KPU sata menyerahkan berkas ke perwakilan paslon Pilgub Jabar (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pada Selasa (13/2/2018) malam akan melaksanakan pengundian nomor urut untuk peserta pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 27 Juni 2018.

Pilgub Jawa Barat sendiri akan diikuti empat pasangan calon (paslon), yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (NasDem, PPP, PKB, Hanura), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Demokrat, Golkar), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Gerindra, PKS, PAN), dan Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan (PDIP).

Anggota KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq mengatakan pengundian nomor urut akan digelar di SOR Arcamanik, Kota Bandung. Acara penentuan nomor urut paslon itu akan dihadiri lebih dari 1.000 orang.

"Dari tim kampanye masing-masing dibatasi maksimal 200 orang, jadi akan ada 800 orang dari pihak tim kampanye. Selain itu, ada 700 tamu undangan dari berbagai pihak, seperti kampus, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lain-lain," kata Endun di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).

 (Baca: Sebelum Dikembalikan ke Negara, Deddy Mizwar Perbaiki Mobil Dinas)

Dalam kegiatan nanti, akan ada nuansa adat Jawa Barat. Selain pengundian nomor urut, rencananya di lokasi juga akan digelar deklarasi pemilu damai. Ada juga simbolis penugasan 80 polisi yang akan bertugas mengawal para cagub-cawagub selama masa kampanye.

Arfi Rafnialdi, mewakili Tim Kampanye Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu), tidak mempermasalahkan akan mendapat nomor urut berapa. Sebab, ada hal yang lebih penting ketimbang nomor urut.

"No urut berapapun oke, insya Allah. Yang paling penting mah pabanyak-banyak (meraih sebanyak-banyaknya) suara, itu yang penting mah," ujar Arfi.

Sekretaris Tim Kampanye Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) M.Q. Iswara berpendapat sama. Ia tidak mengincar nomor urut tertentu. "Buat kami, nomor urut berapapun tidak masalah. Kami siap menerima nomor berapapun," ucap Iswara.

 (Baca juga: KPU Tetapkan Pilgub Jabar Diikuti Empat Pasangan Calon, Semua Paslon Tak Ada yang Hadir)

Otang Suparlan, mewakili Tim Kampanye Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik), juga berpandangan sama. "Kita tidak mempermasalahkan. Semua nomor itu bagus, tidak ada yang tidak bagus. Oleh karena itu, apapun takdirnya, alhamdulillah. Dapat nomor satu alhamdulillah, dapat nomor dua, tiga, empat, juga alhamdulillah," tuturnya.

Hal berbeda diungkapkan Ketua Tim Kampanye Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) Abdy Yuhana. Tim ini berharap Hasanah mendapat nomor urut satu.

"Dimana-mana kita ingin nomor satu ya, dimana-mana juara kan nomor satu ya. Seandainya enggap dapat nomor satu, itu nomor terbaik dan angka kemenangan buat pasangan Hasanah," tandas Abdy.

Sementara itu, dalam pengundian nomor urut nanti para paslon diimbau untuk menggunakan pakaian adat atau pakaian unik lain yang menjadi imej masing-masing. Para anggota tim kampanye yang akan hadir juga akan memakai pakaian uniknya.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini