nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Hadapi "Dunia Nyata" Setelah Lulus Kuliah

Shara Nurachma, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 11:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 65 1858451 tips-hadapi-dunia-nyata-setelah-lulus-kuliah-kJZZMdBMTj.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Lulus dari universitas bisa menjadi menakutkan bila tidak merencanakan masa depan dengan baik. Setelah bertahun-tahun mengenyam pendidikan dengan segala sesuatu yang terstruktur, terjadwal dan tujuan yang jelas, kamu diberi kebebasan untuk menjalani hidupmu dan menentukan pilihanmu sendiri. Ini memang tampak menyenangkan dan menarik, tetapi pasti mengerikan juga jika belum punya tujuan pasti.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah masa transisi dari saat kamu masih berkuliah dan menjelang kelulusan. Inilah beberapa cara untuk lebih siap menghadapi kehidupan setelah lulus kuliah.

Hal-hal yang harus dilakukan sekarang:

1. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan dengan seksama pilihan hidupmu

 

Banyak orang berpikir bahwa setelah lulus, satu-satunya jalan adalah mendapatkan pekerjaan kantoran. Tapi sebenarnya, belum tentu demikian. Ada banyak jalur karier berbeda yang tersedia untuk kamu. Kamu bisa mulai membuka bisnis sendiri, menjadi freelance atau bahkan kembali ke universitas untuk menimba ilmu lebih dalam lagi. Mempertimbangkan pilihan-pilihan ini dapat mengurangi beban pikiranmu dan pastikan kamu mengambil pilihan yang tepat untuk langkah masa depanmu setelah lulus kuliah nanti.

2. Temukan perusahaan yang cocok untuk kamu lamar

 

Begitu kamu memutuskan untuk bekerja, kamu harus segera mencari perusahaan apa yang kamu ingikan menjadi tempat kerjamu dan pastinya sesuai dengan bidang yang kamu pelajari. Perusahaan akan merekrut talenta terbaik setiap tahun sesuai dengan yang sedang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, bicaralah dengan tim karier khusus di universitasmu atau lakukan penelitian sendiri tentang cara terbaik menuju karier pilihanmu.

Buat kamu yang sudah punya tujuan pasti untuk bekerja:

1. Mulailah menerapkan etika kerja profesional

 

Bagi mereka yang belajar dengan baik dan konsisten belajar maksimal di universitas, maka akan mendapat dua hasil. Pertama, ini akan tercermin dalam nilai, dan kedua, ini juga akan membuatmu ebih baik dalam dunia kerja. Etika kerja yang bagus adalah kualitas yang sangat dikerahkan, hal itu tercermin dengan bukti pada CV yang akan memberi kesan bagus bagi kamu. Hal ini juga akan berguna saat mencari pekerjaan, memulai bisnis sendiri, menjadi pekerja lepas atau bahkan melamar gelar pascasarjana.

2. Dapatkan beberapa pengalaman kerja yang bermanfaat

 

Liburan antar semester adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan beberapa pengalaman kerja di bidang pilihan Anda. Entah itu membantu di kantor atau kerja magang, itu akan membuat CV kamu menonjol di antara lulusan lain yang kurang berpengalaman. Jika kamu belum memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang ingin kamu kerjakan, itu tidak masalah. Walau misal, kamu hanya bekerja menjadi pelayan demi bisa membayar kuliah, itu merupakan pengalaman berharga. Selain itu, jika kamu sering ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler di universitas, ini akan memberimu pengalaman yang dapat digunakan untuk meningkatkan peluang sebagai calon pekerja.

- Hal yang harus dilakukan setelah lulus:

1. Tetap berhubungan dengan tutormu

 

Kamu mungkin akan memiliki beberapa tutor atau pembimbing yang benar-benar bisa kamu butuhkan. Sebelum lulus, mintalah alamat email non-universitas mereka sehingga kamu dapat menghubungi mereka di masa mendatang. Mereka mungkin lebih dari senang untuk memberi kamu “tumpangan” karier, atau setidaknya menjadi orang yang berguna untuk mengobrol tentang masalah setelah lulus kuliah yang kamu hadapi.

2. Manfaatkan diskon siswa sebisa mungkin

 

Ini mungkin terdengar konyol, tapi berusaha agar biaya kehidupan setelah lulus bisa semurah mungkin adalah hal yang sangat cerdas untuk dilakukan. Ada kemungkinan kamu akan mulai bekerja dengan gaji rendah. Jadi, mendapatkan diskon untuk perjalanan, makanan, minuman dan belanja akan membantu kamu memenuhi kebutuhan di beberapa bulan pertama yang sulit.

Ini hanya langkah pertama dalam perjalanan hidupmu yang masih panjang. Menyelesaikan kuliah bisa sangat menakutkan, kamu mungkin merasa tidak tahu apa yang akan kamu lakukan, atau kemungkinan kamu berhasil mencapai tujuanmu atau tidak. Usahakan tetap tenang dan menjaga perspektif. Jalan kariermu masih akan panjang dan beragam. Masalah belum tahu pasti apa langkah pertama yang harus diambil adalah masalah yang sangat umum terjadi. Tetap positif dan mencoba beberapa hal yang berbeda adalah cara terbaik untuk memahami apa sebenarnya yang ingin kamu lakukan dan ingat kamu punya banyak waktu untuk melakukannya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini