Image

5 Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Apa Saja?

Agregasi Rabu 14 Februari 2018 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 65 1858482 5-manfaat-magang-bagi-mahasiswa-apa-saja-YiX6P30iUi.jpg Foto: Shutterstock

Sekolah atau kampus kamu mengharuskan ikut program magang? Kesal teman-teman kamu bisa nongkrong tapi kamu sibuk cari lowongan magang terbaru? Jangan kesal dulu, Sobat. Meski kamu lebih sibuk dari teman-teman kamu yang belajar secara reguler, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari program ini banyak, lho! Kamu bisa selangkah lebih maju untuk jadi profesional dibandingkan mereka yang tidak menjalani proses magang. Tidak percaya? Yuk, simak manfaat magang berikut ini.

Pengalaman kerja lebih

Lewat magang, kamu bisa dapat kesempatan untuk bekerja sama dengan para profesional. Kamu bisa melihat dan mengalami sendiri bagaimana mereka bekerja, menyelesaikan suatu proyek, bahkan menghadapi perbedaan pendapat dengan rekan lain. Ini jelas akan menambah pengetahuan kamu tentang dunia kerja. Dengan begini, begitu menyelesaikan pendidikanmu, kamu akan lebih siap untuk bekerja. Kamu akan lebih mudah beradaptasi nantinya.

Perluas koneksi

Manfaat magang lain yang bisa kamu dapatkan adalah terbukanya kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dengan berbagai kepribadian dan latar belakang yang berbeda. Mengenal rekan kerjamu dengan baik akan memperluas networking kamu, Sobat. Lewat networking inilah kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan dan bahkan menjadikan mereka sebagai referensi dalam lamaran pekerjaan baru kamu nanti.

Tambah nilai CV

Curriculum vitae (CV) adalah hal penting dalam melamar kerja karena akan menggambarkan kemampuan dan ketertarikan kamu pada suatu pekerjaan. Program magang yang kamu lakukan bisa kamu tambahkan di kolom pengalaman kerja. Ini akan menambah ‘daya jual’ kamu. Perusahaan yang kamu tuju akan melihat kamu sebagai kandidat yang lebih siap untuk bekerja dengan mereka.

Tambah tabungan

Karena magang termasuk jenis pekerjaan, kamu juga akan menerima penghasilan dari program ini. Meski jumlahnya berbeda dengan yang diberikan kepada karyawan tetap, kamu bisa memanfaatkan penghasilan ini untuk menambah tabungan kamu. Siapa tahu bisa kamu gunakan untuk dukung kebutuhan kamu di masa depan.

Awal karier

Awal karier kamu bisa jadi dimulai dari proses magang ini, lho. Saat kinerja kamu di tempat magang membanggakan, perusahaan tersebut bisa saja memberikan penawaran untuk menjadi karyawan tetap. Karena itu, usahakan untuk memilih perusahaan yang memang sesuai dengan rencana kariermu di masa depan.

Sudah tahu manfaatnya tapi bingung mau cari lowongan magang dimana? Kamu bisa cari informasi lowongan kerja terbaru dengan kata kunci “magang” atau “internship” di job portal favorite kamu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini