nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Fast & Furious Lewat, Warga di Jalanan Kota Batu Gempar

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 09:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 15 1858713 mobil-fast-furious-lewat-warga-di-jalanan-kota-batu-gempar-jl6xTIGCMK.jpg Foto: Okezone

BATU - Jalan Veteran Kota Batu yang ada di sekitar wisata museum transportasi mendadak digemparkan dengan lewatnya beberapa mobil sport seperti Pontiac, Mercedes-Benz, Jaguar, dan Chevrolet dengan suara knalpot yang garang.

Tapi mobil - mobil itu bukan disiapkan untuk balapan, melainkan dilakukan uji tes drive usai baru didatangkan dari Amerika Serikat dan Jerman.

Ya, menyambut liburan Imlèk, pengelola Museum Angkut di Kota Batu kedatangan koleksi mobil terbaru yang mewah nan cukup langka di dunia. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik pengunjung, dan bahkan warga ramai melihatnya ketika melintas.

 

Manajer Operasional Museum Angkut Endang A Shobirin mengatakan, total 16 mobil baru yang datang khusus untuk menyambut liburan Imlek. Yang menarik, dari beberapa mobil baru tersebut satu seri di antaranya bagian mobil dengan seri sama yang digunakan dalam film Fast & Furious 4 yang dikendarai Dominic Toretto yang berperan sebagai Vin Diesel.

[Baca Juga: Mobil-Mobil Ikonik 'Fast and Furious' (1): Hancur karena Ledakan]

Mobil Chevrolet Cevelle SS seri keluaran 1958 ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung Museum Angkut. Ya mobil Chevrolet Cevelle SS 8.200 CC menjadi bagian dari deretan mobil mewah di Film Fast & Furious.

Menariknya, mobil mewah seharga Rp3 Miliar ini hanya 6 unit saja di dunia. "Di dunia hanya ada 6, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan satu di Indonesia," ungkap Endang.

Proses kedatangan mobil-mobil mewah tersebut yang lama membuat Museum Angkut harus melakukan pengecekan total sesampainya di Kota Batu.

"Dari Amerika setidaknya memerlukan waktu 48 hari untuk pengiriman, ini tentu mempengaruhi kondisi mobil mengingat berada di kontainer tertutup dengan suhu yang berbeda," jelasnya.

Oleh karena itu, sebelum dipajang di hadapan para pengunjung, mobil-mobil mewah tersebut dilakukan uji tes drive di jalanan sekitar museum.

"Tadi tes drive di jalanan. Ini dilakukan guna pengecekan kondisi mobil usai 48 hari dalam proses pengiriman dari Amerika," ujar Endang.

Mobil Chevrolet Cevelle SS sendiri menggunakan mesin 502 GM Performance berkapasitas 8.200 cc. Hasilnya, mekanis penggeraknya tidak kurang menghasilkan 450 tenaga kuda dan torsi 745 Nm.

"Dari 0 sampai 100 Km per jam hanya membutuhkan waktu 3 detik. Bensinnya kapasitasnya 80 liter," tutur Glend Sumendang, salah seorang pembalap nasional yang melakukan tes drive mobil.

Selain mobil Chevrolet Cevelle SS, 8 mobil dari beberapa negara menjadi koleksi terbaru seperti Mercedes-Benz, Jaguar, Pontiac, dan Ford.

Kedatangan koleksi mobil baru ini menarik antusiasme pengunjung, salah satu pengunjung asal Bojonegoro Adib Muhibbin merasa cukup takjub dengan koleksi mobil sport itu. "Mesinnya suaranya mantap. Itu pasti akan menambah daya tarik di sini," katanya.

Dalam dua hingga tiga bulan ke depan, pihak museum akan mendatangkan beberapa 30 koleksi mobil baru lagi dari Asia dan Eropa. "Akan ada kedatangan mobil baru dari Asia dan Eropa. Kita lihat saja nanti," tegas Endang, menyiapkan surprise. Dengan tambahan 16 koleksi mobil mewah di Museum Angkut, maka total koleksi mobil di sana menjadi 215 unit.

[Baca Juga: 6 Mobil Fast & Furious Live yang Akan Mengaspal 2018]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini