nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lika-Liku Sopir Truk, Sampai Tidur di Kolong Mitsubishi Fuso

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 15 1858934 lika-liku-sopir-truk-sampai-tidur-di-kolong-mitsubishi-fuso-Oo1FH97RcY.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Mungkin masih banyak yang memandang sebelah mata profesi sopir truk. Belum banyak juga masyarakat yang mengapresiasi kinerja mereka. Padahal, sopir truk berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mendistribusikan barang-barang yang diperlukan untuk beraktivitas dari satu daerah ke daerah lain.

Lika-liku perjuangan sopir truk tidaklah mudah. Mereka harus memastikan barang sampai dengan selamat di tujuan. Perjalanan pun dilakukan siang malam agar barang sampai tepat waktu. Di dalam perjalanannya, tentu ada sejumlah masalah yang ditemui. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang sopir truk asal Denpasar, I Wayan Partana.

"Kadang-kadang menjadi sopir tidak gampang, malam-malam ban pecah. Tapi semua itu dijalankan demi anak-istri, kami bekerja siang dan malam," tutur Wayan saat ditemui dalam acara Penyerahan Beasiswa #FusoKontribusi Kepada 11 Anak sopir Truk, Senin (11/2/2018) di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur.

Hal itu diakui musisi kondang Iwan Fals. Ia bercerita tentang sopir truk yang membawa peralatannya untuk manggung. Dengan melakukan roadshow pakai truk, dirinya dapat merasakan suka duka sopir truk secara langsung.

[Baca Juga: Wow, Truk Colt Diesel Terpanjang di Dunia Ini Akan Jadi Panggung Konser Iwan Fals]

"Saya bisa merasakan ketabahan bapak-bapak sopir yang bekerja siang-malam, pagi-sore. Bahkan saya sempat melihat beberapa kali ban pecah, ada juga yang asnya patah, bahkan sampai sopirnya tidur di bawah kendaraan karena mungkin banyak barang bawaan untuk dijaga," cerita suami dari Rosana itu.

Penyerahan beasiswa dari Mitsubishi ke anak sopor truk kemarin merupakan penutup rangkaian Roadshow Mitsubisgi Fuso dan Iwan Fals yang diselenggarakan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

KTB berharap beasiswa sebanyak Rp 330 juta yang diberikan kepada anak-anak sopir truk bisa menjadi suntikan semangat bagi mereka.

"Kami ingin putra putri mereka (sopir truk) juga bisa nantinya memberikan kontribusi seperti orangtuanya. Kami membukanya melalui pintu pendidikan di mana dengan beasiswa diharapkan mereka menjadi generasi yang kuat, cerdas, dan menjadi salah satu leader di Indonesia dalam berbagai bidang," terang Director Sales and Marketing KTB, Duljatmono.

[Baca Juga: Cerita Ban Pecah hingga Truk Mitsubishi yang Jadi Panggung Iwan Fals Nyangkut di Terowongan]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini