Image

Kim Jong-un Puji Upaya Korsel Selama Olimpiade

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1858740 kim-jong-un-puji-upaya-korsel-selama-olimpiade-At92yFfRq8.jpg Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un memuji "upaya mengagumkan" Korea Selatan dalam menerima delegasi Korea Utara selama Olimpiade Musim Dingin. Kim juga berterimakasih karena Seoul telah memprioritaskan kunjungan delegasi Pyongyang ke Olimpiade di Pyeongchang.

BACA JUGA: Parade Tim Korea Buat Presiden Komite Olimpiade Internasional Merinding

Komentar Kim tersebut disampaikan setelah delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh adiknya, Kim Yo-jong kembali ke negaranya untuk memberikan laporan.

"Setelah menerima laporan delegasi tersebut, Kim Jong-un menyatakan kepuasannya," demikian dilaporkan kantor berita Korea Utara, KCNA sebagaimana dilansir BBC, Selasa (13/2/2018).

"Sangat mengesankan adalah fitur dari Selatan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota Republik Rakyat Demokratik Korea. Dan mengucapkan terima kasih kepada mereka." Republik Rakyat Korea adalah nama resmi dari Korea Utara.

Delegasi Korea Utara yang berkunjung ke Korea Selatan bulan ini dipimpin oleh dua pejabat senior Utara, Kim Yo-jong dan Kepala negara Seremonial Korea Utara, Kim Yong-nam. Kunjungan itu adalah sebuah peristiwa bersejarah karena merupakan kunjungan pertama delegasi Korea Utara ke Selatan sejak Perang Korea pada 1950-an.

BACA JUGA: Moon Sambut Adik Kim Jong-un di Istana Kepresidenan Korsel

Banyak pihak berharap keikutsertaan atlet Korea Utara dan kunjungan delegasi dari Pyongyang akan membuka sebuah peluang perundingan perdamaian baru antara kedua Korea. Namun, tidak sedikit juga yang menentang inisiatif ini karena dianggap hanya akan menguntungkan Korea Utara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini