nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manuver Brilian Perempuan Pilot India Hindarkan Pesawat dari Tabrakan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1858954 manuver-brilian-perempuan-pilot-india-hindarkan-pesawat-dari-tabrakan-EJTdHcNnrk.jpg Kapten Anupama Kohli dipuji karena berhasil menghindarkan tabrakan pesawat di udara (Foto: Air India/Twitter)

NEW DELHI – Perempuan pilot, Kapten Anupama Kohli, berhasil menghindarkan pesawat yang dikemudikannya dari tabrakan di udara dengan burung besi lainnya. Insiden tersebut terjadi pada 7 Februari di atas udara Mumbai, India.

Sebuah pesawat milik maskapai Air India sedang dalam perjalanan dari Mumbai menuju Bhopal ketika bertemu dengan pesawat milik maskapai Vistara yang terbang dari New Delhi ke Pune. Kedua pesawat berada dalam hitungan detik sebelum mengalami tabrakan di udara.

“Kedua pesawat hanya terpisahkan beberapa detik, Vistara sedang menurun dari ketinggian 29 ribu menuju 27.100 kaki ketika pesawat Air India datang dari arah berlawanan. Mungkin ada sedikit kebingungan antara menara kontrol dan kokpit Vistara,” ujar seorang sumber, dinukil dari Times of India, Selasa (13/2/2018).

“Di saat itu seorang pramugari beradu argumen dengan menara kontrol sementara sang kapten sedang pergi ke toilet. Air India dikemudikan oleh Kapten Anupama Kohli. Kemungkinan ada instruksi yang tertukar dalam beberapa detik itu,” imbuh sumber yang namanya dirahasiakan itu.

Meski ada kekacauan informasi, Anupama Kohli dengan sigap mampu mengambil tindakan dalam hitungan detik. Kemampuan itu diperolehnya karena sudah memiliki jam terbang tinggi sebagai pilot selama 20 tahun terakhir.

Kapten Kohli mendengar bahwa menara kontrol dan pesawat Vistara saling beradu pendapat mengenai manuver menurun. Sambil memantau, ia juga melihat pesawat tersebut datang ke arahnya dari sisi kiri. Alarm pun berbunyi di kokpit Anupama Kohli hingga akhirnya dia melakukan manuver brilian.

Resolution Advisory (RA) berbunyi ‘naik naik naik’. Mengikuti saran itu Kapten Kohli dengan cepat bermanuver naik dan berbelok ke kanan untuk menghindari pesawat Vistara,” ujar sang sumber.

Pesawat Vistara saat itu dikemudikan seorang perempuan kopilot karena kapten sedang pergi ke toilet. Menurut peraturan penerbangan internasional, dua orang harus tetap berada di kokpit ketika salah satu harus keluar. Maka, posisi sang kapten saat itu digantikan oleh pramugari. Beruntung, Air India cepat naik di saat Vistara menurun sehingga ada jarak sekira 600 kaki di antara keduanya.

Pihak maskapai Air India memuji kesigapan Kapten Anupama Kohli. Seandainya sang pilot tidak sigap, kedua pesawat mungkin sudah bertabrakan di udara dan memakan korban jiwa sekira 261 orang penumpang, total dari jumlah di kedua pesawat.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini