Image

Kebakaran di Galangan Kapal Tertua India, 5 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 22:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1859188 kebakaran-di-galangan-kapal-tertua-india-5-orang-tewas-VTleMy0pxc.jpg Polisi tengah menyelidiki penyebab pasti kebakaran serta ledakan tersebut (Foto: NDTV)

KOCHI – Sedikitnya lima orang tewas dan 11 lainnya luka-luka akibat kebakaran yang terjadi di galangan kapal Cochin, Kochi, Negara Bagian Kerala, India. Kebakaran diketahui terjadi di sebuah kapal yang sedang diperbaiki pada pagi waktu setempat.

Menurut sumber, ledakan terdengar dari kapal Sagar Bhushan sekira pukul 10.00 waktu setempat, ketika sekira 20 orang tengah melakukan perbaikan. Ledakan terjadi di tanki kapal yang diketahui dimiliki oleh Korporasi Minyak dan Gas Alam.

Perbaikan saat itu dilakukan oleh sebagian besar pekerja harian lepas serta pekerja kontrak. Sebab, Selasa adalah hari libur bagi pekerja reguler yang biasa memperbaiki kapal.

“Laporan awal mengindikasikan kematian para korban dikarenakan menghirup asap yang terlalu banyak. Penyelidikan lebih detail akan dilakukan untuk mencari tahu penyebab api dan ledakan tersebut,” ujar keterangan resmi Kepolisian Kerala, mengutip dari NDTV, Selasa (13/2/2018).

Galangan kapal di Kochi diketahui mulai beroperasi pada 1978. Tempat perbaikan, perawatan, dan produksi kapal itu merupakan yang tertua dan terbesar di India. Menteri Serikat Perkapalan, Nitin Gadkari, meminta pihak terkait melakukan penyelidikan menyeluruh.

“Saya sudah berbicara dengan pejabat Galangan Kapal Cochin dan memintanya memberikan bantuan medis yang dibutuhkan bagi para korban luka-luka serta segera menggelar penyelidikan dengan bantuan pihak-pihak terkait,” ujar Nitin Gadkari, mengutip dari laporan media setempat.

“Saya kaget akan ledakan di Galangan Kapal Cochin di mana empat orang meninggal dunia. Saya mengucapkan duka cita mendalam bagi keluarga para korban,” cuit Nitin Gadkari lewat akun Twitter. Polisi memastikan bahwa api sudah berhasil dipadamkan dan situasi sudah berhasil dikendalikan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini