Image

KPK Periksa Satu Saksi untuk Tersangka Zumi Zola

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 337 1858752 kpk-periksa-satu-saksi-untuk-tersangka-zumi-zola-sqNKFXV1QC.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap seorang pekerja swasta yakni Mantes. Ia akan diperiksa untuk tersangka Gubernur Jambi, Zumi Zola.

"Diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi dari pihak swasta untuk tersangka ZZ (Zumi Zola)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2018).

Zumi Zola telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi. Diduga, Zumi Zola menerima gratifikasi berupa hadiah dan uang sebesar Rp6 miliar.

Tidak hanya menghadirkan saksi untuk Zumi Zola, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua saksi dari pihak swasta untuk tersangka Plt Kadis PUPR Jambi, Arfan.‎ Dua saksi tersebut adalah Cecep Suryana dan Jefri Hendrik.

Arfan diduga menerima gratifikasi terkait proyek-proyek yang ada di Dinas PUPR Jambi, tahun anggaran 2014-2017.‎ Dia ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi bersama-sama dengan Zumi Zola.

(Baca Juga: KPK Berencana Segera Periksa Zumi Zola sebagai Tersangka)

Arfan sudah lebih‎ menyandang status tersangka dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jambi tahun 2018, atau disebut uang ketok palu.

(Baca Juga: Zumi Zola Siap Ditahan KPK)

Atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi, kedua tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini