nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Lanjutkan Kerjasama dengan Pemkab Tangerang untuk Suplai Air Bersih

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 12:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 338 1858806 pemprov-dki-lanjutkan-kerjasama-dengan-pemkab-tangerang-untuk-suplai-air-bersih-uBqlSjjJUs.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang terkait penyediaan air bersih di wilayah Ibu Kota.

Memorandum of understanding (MOU) terkait suplai air minum itu ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Anies menjelaskan, sebenarnya kerjasama antara DKI dan Kabupaten Tangerang sudah berjalan sejak 20 (dua puluh) tahun lalu. Kini, kerjasama itu diperpanjang untuk masa 20 tahun ke depan untuk keberlangsungan suplai air minum bagi masyarakat DKI Jakarta.

“Saya berharap kerjasama kesepakatan ini antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah Kabupaten Tangerang tentang penyediaan air minum untuk wilayah DKI Jakarta ini menjadi framework baru karena ini sebenarnya perpanjangan untuk 20 tahun yang akan datang,” ujar Anies saat memberikan sambutan.

Anies menilai, di dalam pengelolaan air bersih di wilayah DKI ini tidak dapat dilakukan dengan sendiri. Menurutnya, karena besarnya jumlah penduduk di Ibu Kota, tak mungkin lagi mengandalkan air dari tanah sehingga membutuhkan suplai air yang teratur dan terjamin.

“Karena itulah kemudian pengelolaannya tidak bisa lagi individual. Tapi, pengelolaannya kolektif dan dikerjakan oleh pemerintah, dalam hal ini melalui pemerintahan ataupun melalui badan usaha,” papar Anie.

(Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tanda tangani kesepakatan kerjasama soal suplai air bersih. Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Sementara di tempat yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki mengatakan, pihaknya berharap kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta ini dapat terus dikembangkan di sektor lainnya.

"Kita mendukung suplai air bersih dan air minum ke Jakarta. Semoga kerja sama dapat lebih baik lagi," kata Ahmed.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini