Jual Kukang di Medsos, Tiga Pelajar SMK di Bogor Ditangkap

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 16:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 338 1858994 jual-kukang-di-medsos-tiga-pelajar-smk-di-bogor-ditangkap-6XtRLOqPfa.jpg Kukang yang hendak diperjualbelikan tiga pelajar di Bogor. (Foto: Putra R/Okezone)

BOGOR - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Jawa Barat mengamankan tiga pelajar SMK yang menjual hewan dilindungi jenis kukang melalui media sosial di Kota Bogor, Jawa Barat.

Penyidik BKSDA Wilayah 1 Jawa Barat, Ajat Sudrajat mengatakan, penangkapan bermula adanya laporan transaksi hewan dilindungi jenis kukang melalui media sosial Facebook di wilayah Kota Bogor.

"Tim kami dapat informasi dari media sosial Facebook bahwa ada transaksi hewan dilindungi. Kemudian kita tindaklanjuti dan kita lakukan penangkapan saat mereka bertaransksi," katanya, Selasa (13/2/2018).

Dari hasil penangkapan tersebut, petugas mengamankan tiga pelajar SMK yang berinisial ASP, AK dan RS. Selain itu, petugas juga mengamankan satu ekor kukang yang akan diperjualbelikan.

(Baca juga: Polisi Tangkap 7 Penjual Hewan Langka di Media Sosial)

"Kita juga amankan satu ekor kukang. Dari pengakuan pelajar yang diamankan, hewan kukang ini punya pamannya yang dijual Rp300 ribu," tambahnya.

Saat ini, ketiga pelajar tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut petugas sambil menunggu pemilik hewan berinisial AS. Untuk kondisi kukang yang akan dijual pelaku dalam kondisi sehat.

"Kukang termasuk dalam hewan dilindungi. Jadi tidak boleh memperjualbelikan kukang," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini