Image

Tolak Kriminalisasi, Warga Gelar Aksi Minta Polda Sulsel Netral di Pilkada Makassar

Prayudha, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 340 1858856 tolak-kriminalisasi-warga-gelar-aksi-minta-polda-sulsel-netral-di-pilkada-makassar-4Y1s0XVY9y.jpg

MAKASSAR - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018, ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Masyarakat Makassar Bersatu (ASMMB) meminta Polda Sulsel bersikap netral. Mereka juga menolak kriminalisasi terhadap calon kepala daerah.

Pada aksi yang digelar pada Sabtu 10 Februari 2018, ratusan masyarakat itu rela menyuarakan aspirasinya di bawah guyuran hujan di depan Monumen Mandala.

"Selaku masyarakat, kami selalu mendukung dan menghormati kinerja kepolisian. Tapi di sisi lain, independensi kepolisian harus terus terjaga, guna mewujudkan pilkada aman dan tertib, tanpa ada keberpihakan pada siapa pun," kata Husnul, salah satu anggota ASMMB dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2/2018).

Pihaknya juga meminta semua pihak untuk tidak mengintervensi kepolisian dalam penegakan hukum. Sebab, institusi kepolisian bukanlah boneka yang bisa diatur-atur untuk kepentingan politik tertentu.

"Karena itu, kami Aliansi Masyarakat akan bersama Polri mengawal segala hal yang bisa membuat Polri tidak netral dalam menjalankan tugasnya," imbuh orator tersebut.

Pelaksanaan Pilkada Serentak yang digelar di Makassar, sambung Arul, jangan sampai tercederai oleh oknum-oknum yang hanya ingin memecah belah masyarakat. Pilkada Serentak, khususnya di Makasar harus bisa berjalan dengan damai.

"Karena masyarakat mengetahui bahwa ada oknum tertentu yang ingin mengagalkan kelangsungan pilkada damai di Makassar," katanya.

Aksi tersebut digelar ASMMB bersatu ini merupakan inisiatif sejumlah elemen, baik ormas, komunitas, dan masyarakat Kota Makassar, karena sebentar lagi akan ada gelaran pemilihan wali kota. Aksi dilanjutkan dengan penandatanganan dukungan warga Makassar dalam mengawal pilkada damai tanpa kriminalisasi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini