Image

Makna Angka 4 Bagi Calon Gubernur Sulsel IYL-Cakka

Prayudha, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 18:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 340 1859094 makna-angka-4-bagi-calon-gubernur-sulsel-iyl-cakka-4Bwhik3CQ1.jpg Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar (foto: Prayudha/Okezone)

MAKASSAR - Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) mendapatkan nomor urut 4 (empat) di Pilgub Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Juni 2018 mendatang.

Meski semua nomor di mata pasangan "Mister Komitmen" ini baik, tapi angka empat punya banyak makna, baik untuk keduanya maupun bagi Sulawesi Selatan.

(Baca Juga: Ini Nomor Urut Paslon di Pilkada Sulawesi Selatan)

Apa makna angka empat di mata pasangan ini? Berikut uraian singkat Ichsan Yasin Limpo kepada wartawan dan relawannya di Rumah Kita, Jalan Hertasning.

1. APPAKABAJI

APPAKABAJI memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian. Angka dan istilah ini juga pernah digunakan Ichsan saat maju di periode keduanya di Pilkada Gowa 2010.

2. APPAKALEBBI

APPAKALEBBI atau mappakalebbi merupakan bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati. Istilah ini juga melekat ke IYL-Cakka yang dikenal merakyat, dan peduli aksi kemanusiaan.

3. 2 + 2 = 4

Angka empat ini juga bisa dimaknai IYL maupun Cakka masing-masing dua periode menjadi bupati. Jika digabung maka jumlahnya empat.

Pendukung Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (foto: Prayudha/Okezone)

4. PUNYA EMPAT ANAK

Baik Ichsan maupun Cakka masing-masing punya empat anak.

5. EPPA SULAPA'

EPPA Sulapa' memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Sulsel. Mengingat, Eppa Sulapa' ini memayungi etnis di Sulsel. Bugis, Makassar, Mandar, Luwu/Toraja.

6. ANGKA TERTINGGI

Empat merupakan angka tertinggi dari empat pasangan di Pilgub Sulsel. Ditambah lagi, pilgub kali ini diikuti empat pasangan.

7. ANGKA KEBERUNTUNGAN

Meski IYL-Cakka menempatkan semua nomor baik, tapi bagi sebagian orang, angka empat juga sering dimaknai angka keberuntungan

Perlu diketahui, Tim Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) tidak melakukan mobilisasi massa saat pengundian nomor urut, namun animo masyarakat justru tak bisa dibendung.

Terbukti di lokasi pengundian nomor urut, berbagai komunitas dan elemen masyarakat menyatu di halaman Hotel Four Point By Sheraton Makassar, sejak siang hingga sore hari.

Mereka datang memberi support, doa dan dukungan ke pasangan yang diusung oleh koalisi rakyat dan parpol, sekaligus satu-satunya pasangan independen di Pilgub Sulsel.

Para elemen warga yang mengenakan baju komunitasnya masing-masing tak henti-hentinya meneriakkan yel-yel "rakyat bersatu tak bisa dikalahkan." Begitu juga yel-yel "Punggawa Macakka".

Warga yang datang memberi dukungan ke pasangan nomor urut 4 ini, nampak lebih dominan dibanding pendukung kandidat lainnya. Bahkan, usai pengundian mereka langsung mengantar IYL-Cakka ke posko pemenangan "rumah kita" di Jalan Hertasning.

Di Rumah Kita, IYL dan Cakka menyempatkan waktunya menyapa sekaligus memberikan pengarahan kepada tim, dan simpatisannya yang antusias datang memberi dukungan.

"Saya berterima kasih atas support dan dukunganta semua. Saya berharap, tetap menjaga kesantunan, saling menghargai, dan kembali dengan tertib," imbau IYL.

Dikesempatan itu, baik Ichsan maupun Cakka juga menyampaikan makna dari nomor urut 4 yang didapatkan di pengundian yang digelar Komisi Pemilihan Umum.

Ketua Tim Rumah Kita, Bahar Ngitung, pihaknya sama sekali tidak melakukan mobilisasi massa. Hanya saja, pihaknya tak bisa membendung antusias rakyat yang justru datang sendiri ke lokasi pengundian, maupun di rumah kita.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini