nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Agar Wiper Mobil Bekerja Maksimal di Musim Hujan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 15:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 15 1859433 tips-agar-wiper-mobil-bekerja-maksimal-di-musim-hujan-71XCLKrq1b.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sudah memasukin musim hujan. Jika sudah seperti itu, maka wajib mengecek beberapa komponen penting pada mobil, salah satunya wiper.

Komponen ini sangat dibutuhkan saat musim hujan, sebab menjadi tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, dengan membersihkan kaca depan mobil saat berkendara. Jangan sampai fungsi wiper menjadi tidak maksimal, karena akan mengganggu penglihatan pengemudi. 

Lalu bagaimana cara memastikan wiper bekerja maksimal. Dikutip dari laman resmi Daihatsu pada Rabu (14/2/2018), berikut tips merawar wiper agar prima saat digunakan:  

Pertama

Cek terlebih dahulu kondisi karet wiper, apabila ditemukan retakan atau karet yang sudah lapuk, sebaiknya langsung ganti pada bagian karet wiper mobil tersebut.

Kedua

Saat membersihkan wiper mobil, jangan mengelap pinggiran karet karena di situ terdapat bagian komponen lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya.

Jadi kalau kamu mengelapnya, makan cairan itu akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya pasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil .

[Baca Juga: Bahaya! Ini Tanda-Tanda Mobil Dikendarai Orang Mabuk]

Ketiga

Untuk membersihkan karet wiper mobil, bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di bengkel mobil.

Setelah membelinya kamu bisa tuangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu gunakanlah untuk membersihkan wiper mobil tersebut.

Keempat

Periksa secara berkala pada bagian poros wiper. Kamu bisa semprotkan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga agar wiper tetap berkerja dengan lancar.

Jadi intinya jangan malas untuk membersihkannya. Sebab fungsi wiper sangat vital ketika berkendara di musim hujan.

[Baca Juga: Tips! Cara Mudah Berkendara Tanpa Emosi]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini