Image

Temui Menlu Retno, Menlu Singapura Bahas Perkembangan Kerjasama Industri dan Pariwisata

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 13:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 18 1859445 temui-menlu-retno-menlu-singapura-bahas-perkembangan-kerjasama-industri-dan-pariwisata-FowpsBlX78.jpeg Menlu RI Retno Marsudi bertemu Menlu Singapura Vivian Balakrishnan. (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi pagi ini bertemu Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta. Dalam pertemuan selama sekira satu jam tersebut, kedua menlu membahas kerjasama bilateral Indonesia-Singapura di berbagai bidang.

"Intinya sebenarnya kita berbicara mengenai kemajuan yang sudah kita lakukan dalam kerajasama bilateral antara pertemuan tingkat leaders tahun lalu sampai saat ini," kata Menlu Retno kepada media, Rabu (14/2/2018).

"Dari stock taking progress tadi, kita melihat bahwa ini adalah salah satu kerjasama bilateral yang well measured. Kita bisa mengukur kemajuannya dengan baik, dan dari pengukuran itu kita juga sadar bahwa terdapat kemajuan yang sangat signifikan," lanjutnya.

Menlu Retno menjelaskan, beberapa kemajuan yang telah dicapai antara lain dalam bidang ekonomi dan investasi, yaitu perjanjian investasi bilateral atau bilateral investment treaty dan rancangan perjanjian double taxation.

Indonesia dan Singapura juga mencapai perkembangan yang menggembirakan dalam kerjasama Kawasan Industri Kendal (KIK) serta politeknik di sana. Menurut Menlu Retno, pembangunan politeknik di Kendal telah rampung sekira 77 persen, sementara KIK berhasil mencapai peningkatan dalam jumlah tennant yang saat ini berjumlah 36 perusahaan.

Di bidang pariwisata, kedua menlu membahas mengenai cruise tourism atau pariwisata pelayaran. Saat ini sudah ada pelayaran kapal pesiar "Genting Dream" antara Singapura–Surabaya–Bali yang telah berjalan sejak Desember 2017.

Kedua negara juga membahas kerjasama antara Pelindo dengan perusahaan di Singapura untuk mengembangkan marina di daerah Banyuwangi.

Indonesia dan Singapura juga menyepakati kerjasama ekonomi digital. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk pembangunan digital bridge di Batam dengan saah satu perusahaan Indonesia yang akan di-launching pada Maret 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini