Image

Suami Ratu Denmark Meninggal Dunia Akibat Infeksi Paru-Paru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 18 1859473 suami-ratu-denmark-meninggal-dunia-akibat-infeksi-paru-paru-v9q4IvATQl.jpg Ratu Kerajaan Denmark, Margrethe, bersama dengan suaminya Pangeran Henrik (Foto: Marie Hald/AFP)

COPENHAGEN – Suami dari Ratu Kerajaan Denmark Margrethe, Pangeran Henrik, meninggal dunia. Istana Kerajaan Denmark menuturkan, sang pangeran wafat pada usia 83 tahun.

Pangeran Henrik disebutkan meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya di Kastil Fredensborg. Ratu Margrethe dan dua orang putranya mendampingi pria kelahiran Prancis itu di saat-saat terakhirnya.

Melansir dari BBC, Kamis (14/2/2018), Pangeran Henrik sempat dilarikan ke rumah sakit pada Januari karena menderita infeksi paru-paru. Ia juga didiagnosa menderita demensia pada 2017. Pangeran Henrik dipulangkan dari rumah sakit ke kastil untuk menjalani hari-hari terakhirnya bersama keluarga.

Pangeran Henrik lahir dengan nama lengkap Henri Marie Jean Andre de Laborde de Monpezat pada 1934. Ia menikah dengan Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Margrethe, pada 1967. Margrethe kemudian ditahbiskan sebagai Ratu Denmark pada 1972.

Selama bertahun-tahun, Pangeran Henrik menyatakan ketidakpuasan atas pemberian gelar. Ia merasa pantas menyandang gelar ‘Raja’ daripada hanya sekadar ‘Pangeran’. Semasa hidupnya, ia diketahui sangat senang meminum wine dan mengarang puisi.

Pada 2016, Pangeran Henrik menyatakan diri pensiun dari segala tugas resmi Kerajaan Denmark. Sejak saat itu, ia beberapa kali tinggal di Prancis di kebun anggur miliknya.

Istana Kerajaan Denmark mengatakan, sang pangeran pada 2017 memutuskan agar tidak dimakamkan bersebelahan dengan Ratu Margrethe jika meninggal dunia kelak. Keputusan itu diambil karena dia tidak senang tidak pernah dianggap memiliki kedudukan setara dengan istrinya.

BACA JUGA: Waduh! Suami Ratu Denmark Menolak Dikubur di Samping Istrinya saat Meninggal, Kok Bisa?

Keputusan itu mendobrak tradisi yang telah berlangsung selama 459 tahun. Namun, Ratu Margrethe menerima keputusan sang suami dengan lapang dada.

Pasangan Pangeran Henrik dan Ratu Margrethe dikaruniai dua orang putra, Putra Mahkota Frederick dan Pangeran Joachim. Pangeran Frederick bahkan harus pulang dari keikutsertaannya di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Korea Selatan, pekan lalu demi menemani sang ayah di saat terakhirnya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini