nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penembakan di Chicago Tewaskan Seorang Polisi, WNI Diminta Waspada

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 18 1859490 penembakan-di-chicago-tewaskan-seorang-polisi-wni-diminta-waspada-YWeZJF1GQS.jpg Ilustrasi (dok. Okezone)

CHICAGO - Peristiwa penembakan terjadi di Gedung James R. Thompson di pusat Kota Chicago, Amerika Serikat (AS) pada Selasa siang waktu setempat menewaskan seorang perwira polisi yang sedang tidak bertugas. Komandan Paul R. Bauer terkena tembakan di kepala saat berusaha menolong polisi patroli menangkap seorang pria yang terlibat dalam transaksi narkoba.

Insiden ini berawal saat petugas kepolisian melihat seorang pria yang bertindak mencurigakan. Polisi menduga pria itu sedang bertransaksi narkoba dan menghampirinya, namun kemudian tersangka melepaskan tembakan ke arah polisi dan melarikan diri.

Komandan Bauer yang melihat seorang pria dengan ciri-ciri sama dengan pelaku yang dicari, menghampiri dan membantu petugas patroli. Keduanya terlibat pertengkaran ketika pelaku tiba-tiba beberapa kali melepaskan tembakan.

Seorang saksi mata mengatakan telah mendengar setidaknya lima kali suara tembakan, salah satunya mengenai kepala Bauer. Dia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Nothwetern Memorial, namun nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Kejadian ini mengejutkan warga Chicago karena lokasi kejadian berada di jantung kota berjuluk 'Windy City' itu. Gedung James R. Thompson merupakan lokasi berbagai kator pemerintah federal dan negara bagian Illinois. Di sana juga terdapat pujasera publik, stasiun kereta dan pertokoan. Lokasi gedung ini juga sangat dekat dengan berbagai kantor perwakilan asing, termasuk KJRI Chicago.

Pelaku dilaporkan telah ditangkap, tetapi polisi belum mengungkap identitasnya kepada publik.

Menanggapi peristiwa ini, Konsul Jenderal Republik Indonesia, Rosmalawati Chalid meminta warga negara Indonesia di Chicago untuk tetap waspada.Sejauh ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban.

“Kami mengimbau agar WNI di negara bagian Illinois, khususnya kota Chicago, untuk selalu bersikap waspada,” ujar Konjen Rosmalawati melalui keterangan pers yang diterima Okezone, Rabu (14/2/2018).

“Untuk keadaan emergency, masyarakat Indonesia di kota Chicago bisa menghubungi hotline KJRI Chicago di +1312 547 9114. Kami siap membantu”

Terdapat setidaknya 800 WNI yang tinggal di berbagai wilayah di kota Chicago. Umumnya mereka adalah pelajar di berbagai universitas dan institusi pendidikan yang ada di Chicago.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini