nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK Apresiasi Pemberian Tanda Kehormatan 5 Kepolisian Negara Sahabat

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 14:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 337 1859476 wapres-jk-apresiasi-pemberian-tanda-kehormatan-5-kepolisian-negara-sahabat-ybu5Xp42aZ.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian beserta lima kepala kepolisian negara sahabat ‎bertemu dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kedatangan Tito beserta lima kepala kepolisian negara sahabat ‎guna memberitahu JK bahwa mereka telah mendapatkan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama dari Presiden Joko Widodo melalui usulan Kapolri atas jasa-jasanya membangun hubungan baik dengan Indonesia untuk menjaga keamanan kawasan.

Lima kepala kepolisian negara sahabat yang mendapat Bintang Bhayangkara Utama terdiri dari empat kepala polisi negara ASEAN dan satu kepala polisi dari negara Australia.

‎Mereka yakni Kepala Kepolisian Singapura Hong We Teck, Kepala Kepolisian Malaysia Tan Sri Dato Sri Mohammad Fuji, Kepala Kepolisian Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Hajo Mohd Jammy Bin Haji Muhd Syah Al Islam, Kepala Kepolisian Filipina Ronald M Dela Rosa, serta perwakilan Kepala Kepolisian Australia Jamie Strauss.

"Penganugerahan ini diberikan atas usulan Kapolri kepada Bapak Presiden atas jasa-jasa dari beliau-beliau membangun hubungan baik dengan kepolisian Indonesia. Jadi hubungan kita sangat baik terutama menghadapi kasus-kasus transnasional seperti terorisme, drugs, people smuggling, cyber crime," ujar Tito, Rabu (14/2/2018).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan, penghargaan terhadap kepolisian negara sahabat ini baru pertama kali diberikan. Pasalnya, sudah banyak sekali kerja sama yang dilakukan dengan Indonesia, khususnya dalam penanganan kasus-kasus transnasional seperti terorisme dan berbagi informasi intelijen antar negara kawasan.

"Terorisme adalah masalah umum bagi kita semua. Itulah sebabnya kita perlu bergandengan tangan untuk memerangi terorisme," tuturnya.

Jusuf Kalla, kata Tito, menyambut baik pemberian penghargaan ini. Kalla berharap hubungan Polri dengan kepolisian negara sahabat dapat terus terjalin baik.

"Beliau (JK) sangat senang dan mendukung dengan pemberian penghargaan ini serta berharap hubungan Polri dengan kepolisian-kepolisian negara (sahabat) akan semakin baik dari waktu ke waktu. Apalagi memang cukup banyak problema transnasional dengan negara tetangga kita," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini