Image

Bibit Lobster Seharga Rp6,7 Miliar Gagal Diselundupkan ke Singapura

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 17:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 338 1859585 bibit-lobster-seharga-rp6-7-miliar-gagal-diselundupkan-ke-singapura-gLJwjfrqP2.jpg Petugas memperlihatkan bibit lobster yang coba diselundupkan menuju Singapura. Foto Okezone

JAKARTA – Bibit lobser seharga Rp6,7 miliar gagal diselundupkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Singapura.

Kasubdit 4 Dirtipter Bareskrim Polri, Kombes Parlindungan Silitonga, membeberkan aparat kepolisian berhasil membongkar upaya penyelundupan beinh lobster menggunakan jasa kargo yang dicampur dengan sayur.

"Pada minggu lalu sekitar pukul 5 pagi di kargo Bandara Soetta hari Selasa ditemukan 12 box berisi benih lobster dioplos dengan sayur," katanya di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2018).

Keempat pelaku berinisial DS, KM, ML alias ER dan AHI, menggunakan nama perusahaan yang bergerak di bidang karantina tumbuhan untuk memudahkan saat melakukan penyelundupan.

"Modus operandi pengepakan bibit lobster disamarkan dari PT HSL dan PT ASU, sehingga perizinan menggunakan sertifikat dan karantina tumbuhan," ucapnya.

Polri awalnya menangkap KM yang merupakan seorang Direktur PT ASU, kemudian menangkap ML alias ER seorang direktur PT HSL. Hal itu berawal dari dokumen-dokumen pengiriman sebuah maskapai.

"Awalnya kita tangkap KM direktur PT ASU, kemudian ke direktur PT HSL. Di sana kami kembangkan dan berhasil menangkap AHI dan DS," ujar Parlindungan.

Para pelaku mengambil bibit lobster dari perairan Jawa Barat. Setiap sekali pengiriman, para penyelundup bisa meraih keuntungan mencapai miliaran rupiah.

"Dari 33.400 benih lobster, jika dihitung harga pasaran sebesar Rp 6,7 milyar," kata Parlindungan.

Akibat perbuatannya para pelaku terancam akan dijerat dengan Pasal 16 junto Pasal 88 UU nomer 31 tahun 2004 tentang perikanan, dengan ancaman hukuman penjara selama 6 tahun dan denda Rp1,5 milyar.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini