Rahmat Effendi Cuti, Posisi Wali Kota Bekasi Diduduki Kepala Kesbangpol Jabar

Djamhari, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 20:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 338 1859703 rahmat-effendi-cuti-posisi-wali-kota-bekasi-diduduki-kepala-kesbangpol-jabar-mDtXinGkGg.jpg Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Foto: Okezone)

BEKASI - Pasca-cutinya Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk mengikuti tahapan kampanye Pilkada Serentak 2018 di ajang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi. Posisinya kini diduduki sementara oleh Pejabat sementara (Pjs) dari Pemprov Jawa Barat.

Adapun dalam proses pergantian kursi nomor 1 di Kota Bekasi ini pun telah resmi dilakukan, setelah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengukuhkan pengganti pria yang kerap disapa Pepen tersebut di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Rabu (14/2/2018) sore.

Sesuai dengan Keputusan Mendagri (Kepdagri) No. 131-32-239 tahun 2018, Aher melakukan pelantikan Pjs Wali Kota Bekasi kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat, R. Ruddy Gandakusumah.

(Baca Juga: Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto: Sudah Takdir Tuhan)

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono mengatakan, Ruddy mulai menjabat sebagai Pjs Wali Kota Bekasi mulai Kamis 15 Februari. Ruddy, kata dia, resmi menjabat sebagai Pjs menggantikan definitif Rahmat Effendi yang tengah cuti di luar tanggungan negara semasa kampanye Pilkada 2018.

"Penugasannya, sudah dimulai dari Kamis (15 Februari) sampai Sabtu (10 Maret) mendatang,” kata Sumarsono pada Rabu 14 Februari 2018.

Sumarsono mengatakan, Ruddy layak menjadi Pjs karena berdasarkan pengalaman dan rekam jejaknya. Selama menjadi birokrat di tingkat Provinsi Jawa Barat, dia tidak pernah memiliki permasalahan dan secara administrasi juga mampu memenuhi syarat sebagai pejabat dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemprov Jabar.

"Pemilihan ini kita lakukan melalui, mekanisme dengan ketentuan yang berlaku oleh dua kandidat,” ujarnya.

(Baca Juga: Rahmat Effendi-Tri Adhianto Dapat Nomor Urut 1, Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Nomor 2 di Pilkada Kota Bekasi)

Menurut dia, Ruddy akan mengemban tugas sebagai Pjs selama sebulan sampai masa akhir jabatan Rahmat Effendi selesai pada Sabtu (10 Maret). Setelah itu, posisinya akan naik menjadi Pj Wali Kota Bekasi sampai pelantikan kepala daerah yang baru pada September 2018 mendatang.

Sebagai Pjs, Ruddy hanya memiliki kapasitas melanjutkan administrasi kepala daerah. Namun saat menjadi Pjs, dia memiliki kewenangan penuh setara kepala daerah, sehingga bisa merotasi dan mempromosikan pejabat di lingkungan Pemerintahan Kota Bekasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini