Image

Meresahkan Masyarakat, Nelayan Aceh Tangkap Buaya Bobot 1 Ton

Khalis Surry, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 03:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 14 340 1859242 meresahkan-masyarakat-nelayan-aceh-tangkap-buaya-bobot-1-ton-JbVaATUCwW.jpg Buaya yang ditangkap nelayan (Foto: BKSDA Aceh)

BANDA ACEH - Beberapa nelayan menangkap seekor buaya muara di kawasan muara Krueng (sungai) Arakundo, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Selasa 13 Februari 2018. Buaya itu ditangkap lima nelayan saat sedang mencari ikan di kawasan tersebut.

Buaya ini memiliki panjang lima meter dengan bobot sekira satu ton. Saat ditangkap, buaya terkenal dengan nama Man-Eater atau pemangsa manusia ini sempat lepas beberapa kali, namun para nelayan tersebut berhasil menangkap kembali.

Kapolsek Simpang Ulim, Iptu Dasril mengatakan, menurut dari keterangan para nelayan yang menangkap buaya tersebut ketika mereka sedang menyusuri Krueng Arakundo dengan boat kecil. Sedang asyik mencari ikan, kemudian mereka melihat ada seekor buaya berukuran besar sedang berenang, sehingga merangkak naik ke bantaran sungai di kawasan Kuala Malihan Simpang Ulim.

 (Baca: Resahkan Warga, Buaya Berukuran 2 Meter Diamankan Petugas)

Selanjutnya, tak lama waktu berselang warga sekitar langsung mengepung hewan tersebut dengan peralatan tali dan lampu penerangan yang seadanya. Buaya yang memiliki kulit warna hitam tersebut berhasil ditangkap setelah enam jam kemudian. Dan kemudian dibawa pulang dengan kapal kayu ke Desa Lhok Seuntang, Kecamatan Julok, Aceh Timur.

"Panjangnya sekitar lima meter, dengan bobot ditaksir mencapai satu ton. Warga mengaku menangkapnya karena sudah meresahkan. Buaya ini sering menampakkan diri di kawasan muara (sungai) Arakundo,” kata Dasril saat dimintai konfirmasi.

Selain itu, pihak kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh atas penangkapan buaya tersebut. Dan kini, buaya yang ukuran besar itu rencananya akan dievakuasi ke hutan Kota Langsa.

"Tim saya sudah tiba di sana tadi. Rencana kami evakuasi dan akan kita titipkan di hutan Kota Langsa. Buaya dalam keadaan sehat, sudah diperiksa tadi, tinggal upaya persuasif agar masyarakat mau menyerahkan secara sukarela," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini