Image

Gubernur Aher Kukuhkan 7 Pjs Bupati & Wali Kota di Jabar

Oris Riswan, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 16:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 525 1859573 gubernur-aher-kukuhkan-7-pjs-bupati-wali-kota-di-jabar-jfSNzvwlkS.jpg

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengukuhkan tujuh penjabat sementara (pjs) bupati/wali kota tujuh daerah di Jawa Barat. Pengukuhan dilakukan di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/2/2018).

Penunjukkan pjs itu dikarenakan kabupaten/kota tersebut tidak memiliki kepala daerah terhitung sejak besok. Alasannya, kepala daerah dan wakilnya mengikuti pilkada.

"Ketika dua-duanya kosong (kepala daerah dan wakilnya, yang kosong itu kemudian diisi penjabat sementara yang di-SK-kan oleh Kemendagri atas usulan gubernur," kata Aher.

Dijelaskannya, mereka yang menjabat sebagai pjs punya berbagai persyaratan. Syarat pertama adalah memiliki strata eselon II. Kedua, punya pengalaman mengelola dinas atau biro di bidang pemerintahan.

"Mereka dinilai cakap, kemudian sesuai persyaratan eselonnya. Pada saat yang sama pernah mengelola OPD di bidang pemerintahan," jelasnya.

(Baca Juga: Wahidin Halim Resmi Tunjuk Pjs Bupati Lebak dan Wali Kota Tangerang)

Aher pun memberikan pesan agar para pjs menjalankan tugas dengan baik. Sebab, pjs punya kewenangan sama seperti kepala daerah.

Tapi, ia mengingatkan bahwa ada hal-hal tertentu yang tidak bisa dilakukan begitu saja. Salah satunya, untuk melakukan mutasi atau menandatangani perda, harus mendapat izin tertulis dari Kemendagri.

Berikut ini nama-nama penjabat sementara tersebut:

1. Muhammad Solihin - Pjs Wali Kota Bandung

2. Ruddy Gandakusumah - Pjs Wali Kota Bekasi

3. Sumarwan Hadisoemarto - Pjs Bupati Sumedang

4. Dady Iskandar - Bupati Pjs Subang

5. Deddi Mulyadi - Pjs Bupati Ciamis

6. Koesmayadi Tatang Padmadinata - Pjs Bupati Garut

7. Dedi Taufikkurohman - Pjs Wali Kota Cirebon

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini