Image

KPAI Minta Kepolisian Selidiki Dugaan Eksploitasi dalam Video Balita Tergeletak di Minimarket

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 06:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 15 338 1859843 kpai-minta-kepolisian-selidiki-dugaan-eksploitasi-dalam-video-balita-tergeletak-di-minimarket-TqutIZMV5f.JPG (Foto: Instagram)

JAKARTA – Video seorang anak kecil tengah tertidur di sebuah tempat perbelanjaan di kawasan Sarinah, tepatnya di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat, viral di media sosial (medsos). Bocah itu diduga merupakan korban eksploitasi.

Terkait hal itu, Komisioner KPAI Jasra Putra, mengutuk tindakan kekerasan dan dugaan eksploitasi kepada anak. Pihaknya meminta kepolisian menyelidiki dugaan eksploitasi yang dilakukan bapak tersebut demi mencari nafkah di jalanan.

"Bahkan dugaan penyewaan anak oleh orang tua untuk dipekerjakan di jalanan perlu diselidiki lebih jauh. Pasalnya, informasi yang diperoleh dari saksi yang melihat anak tersebut, bapak yang membawa anak menyatakan tidak memiliki anak," ujar Jasra saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/2/2018).

Sehingga sensivitas dan kedekatan, lanjut dia, bapak tidak ada dan diduga anak orang lain yang dipakai atau disewa sebagai tameng mengemis di jalanan. "Ini sangat membahayakan untuk tumbuh kembang anak," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk poin yang kedua, Pemprov DKI Jakarta sudah memiliki Perda DKI nomor 8 tahun 2007 tentang Penanganan Permasalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar Perda tersebut bisa dijalankan sesuai dengan aturan terutama larangan melakukan aktivitas mengemis di jalanan.

"Beberapa kasus yang ditangani aktivitas mengemis dengan pelibatan anak di jalanan pasti ada orang tua atau group leader yang mengendalikan serta menyuruh dalam melakukan eksploitasi anak tersebut," ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Jasra, publik harus memberikan edukasi agar tidak mudah memberikan uang di jalanan. Ia pun menyarankan masyarakat untuk menyisihkan rezekinya kepada lembaga-lembaga sosial yang mengurus persoalan kesejahteraan sosial anak, ketimbang memberikannya kepada pengemis di jalanan.

"Ketiga, KPAI terus memantau dan melakukan koordinasi kepada Dinas Sosial jakarta, P2TP2A dan bahkan dengan kepolisian agar menemukan anak dan bapak tersebut. Sehingga kasus ini bisa diketahui lebih jauh dan langkah-langkah terukur yang bisa dilakukan baik terhadap bapak dan pendampingan kepada anak," pungkasnya.

Sekadar diketahui, video balita lemas tergeletak itu berlatar di sebuah Minimarket di Jalan Haji Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam video itu berdurasi 30 detik itu, tampak seorang pria paruh baya yang mengaku ayah dari anak tersebut duduk di kursi plastik sembari menghitung uang. Namun miris, tepat di depannya sang bocah tengah tertidur di lantai. Video bocah itu diunggah oleh akun Instagram milik @nanaaelena.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini