nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPAI Apresiasi Polres Metro Jakpus Cepat Tangani Dugaan Eksploitasi Anak

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 15 338 1860312 kpai-apresiasi-polres-metro-jakpus-cepat-tangani-dugaan-eksploitasi-anak-qBHjuldXX7.JPG Foto: Ist

JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah mengapresiasi langkah Polres Metro Jakarta Pusat dianggap reaktif dan responsif dalam menangani adanya dugaan ekploitasi anak yang dilakukan orangtua kandungnya di sebuah minimarket di Jalan Haji Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat.

"Pertama kami (KPAI) kami mengapresiasi Polres Metro Jakpus, yang hanya kurang dari lima jam, sudah bisa menangani adanya dugaan eksploitasi terhadap anak yang sempat virai di media sosial (instagram)," katanya di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Ai menuturkan pada saat video tersebut viral, pihaknya langsung berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan penelusuran aksi pria yang dikenal dengan panggilan Si Suling alias Zulfar (60) yang tega membiarkan anaknya, MU (11) tergeletak.

"Saya langsung koordinasi dengan polisi ingin tahu postingan benar atau tidak. Setelah kami koordinasi ditemukan benar adanya, dari kepolisian ditemukan bapak kandung dan anak, alasan apapun melihat kondisi ekonomi termasuk penyakit penyandang sosial, tidak diperkenankan melibatkan membawa membuat orang ingin memberi lebih terhadap anak. Pelanggaran hak anak, harusnya malam hari istirahat dan dalam pengasuhan keluarga," tuturnya.

Sementara itu, Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pihaknya langsung melakukan penyisiran dan investigasi di lokasi yang disebutkan dalam media sosial tersebut.

"Anngota langsung sisir, ketemu dengan orang yang identitasnya sama, kemudian kita bawa ke Polres, untuk dimintai keterangan," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini