nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemas Tak Berdaya, Bayi Orangutan Sumatera Dievakuasi di Aceh Tenggara

Khalis Surry, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 23:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 340 1860339 lemas-tak-berdaya-bayi-orangutan-sumatera-dievakuasi-di-aceh-tenggara-NImDzeVQxo.jpg Bayi orangutan yang dievakuasi di Aceh. (Foto: Khalis/Okezone)

BANDA ACEH - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Resort Kutacane bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari atau OIC telah mengamankan seekor orangutan sumatera atau pongo abelii berjenis kelamin jantan dari seorang warga di Desa Suka Rimbun, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis (15/2/2018).

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, anak orangutan sumatera yang berusia dua tahun tersebut diamankan dari warga bernama Darwin. Kemudian, petugas mengevakuasi anak orangutan tersebut dan langsung dibawa ke Pusat Rehabilitasi OU Sumatera di Batumbelin Sibolangit, Sumatera Utara, untuk menjalani perawatan dan rehabilitasi.

"Kondisi anak orangutan sumatera ini mengalami stres berat dan tidak mau makan. Oleh karena itu tim membawa ke Pusat Rehabilitasi OU Sumatera di Medan," kata Sapto kepada Okezone.

Bayi orangutan sumatera itu bukan sengaja  dipelihara Darwin, melainkan dirinya menemukan satwa yang hampir punah itu di kebun miliknya Melihat kondisi satwa itu sangat lemas tak berdaya, Darwin memutuskan untuk membawa satwa itu ke rumahnya untuk dirawat.

(Baca juga: Sadis, Orangutan Mati Akibat Ditembus 130 Peluru)

"Informasi keberadaan orangutan ini diperoleh dari Dr. Sri Suci Utami yang sedang berada di Stasiun Penelitian Ketambe dan berbincang-bincang dengan masyarakat," ujar Sapto.

Kemudian, kata Sapto, Darwin menyampaikan kepada dokter tersebut bahwa dirinya telah menyelamatkan seekor anak orangutan yang telantar di kebun jagung miliknya, dua hari sebelumnya. Selanjutnya, Dr. Suci tersebut langsung menghubungi petugas OIC.

"Mendapatkan kabar itu Bu Suci menghubungi rekannya di Yayasan Orangutan Sumatera Lestari dan hari ini telah berhasil dievakuasi," pungkasnya

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini