Image

Hujan Seharian, Banjir Kepung Kota Semarang

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 00:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 15 512 1860368 hujan-seharian-banjir-kepung-kota-semarang-UUd1IpGXDH.jpg (Foto: Taufik Budi/iNews)

SEMARANG – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Selain tanggul Kali Beringin kembali jebol, juga mengakibatkan air sungai Banjir Kanal Timur (BKT) meluap hingga merendam permukiman warga.

"BKT memang meluap, tadi langsung merendam permukiman warga Di sekitarnya sampai setinggi 1,5 meter. Tapi sekarang sudah mulai surut karena hujan juga sudah reda. Ada sekira 100-150 rumah yang terendam," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Semarang, Agus Harmunanto, Kamis (15/2/2018).

Selain itu, gelontoran banjir menerjang permukiman di Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu. Banjir hingga setinggi lebih dari satu meter itu akibat tanggul Kali Beringin kembali jebol karena tak mampu menahan guyuran hujan dan gelontoran air dari daerah hulu.

"Banjir di Mangkang Wetan akibat tanggul jebol, dan kondisinya sudah mulai berkurabg karena hujan juga reda. Jadi perhatian kami memang pada dua daerah itu di Mangkang dan BKT," lugasnya.

Dia menyampaikan, saat hujan deras mengguyur sejumlah daerah terjadi genangan air dengan ketinggian bervariasi. Hujan yang disertai angin kencang itu juga mengakibatkan pohon besar tumbang hingga menutup jalan.

"Memang merata ini tadi karena hujan yang sangat deras dalam waktu cukup lama. Tapi ini sebenarnya bukan banjir melainkan genangan. Seperti di Simpang Lima, Jalan Pahlawan itu tadi terjadi genangan, tapi sekarang sudah normal, surut," terangnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini