nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Pasang Iklan Imlek, Pemerintah Malaysia Minta Maaf

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 16 18 1860543 salah-pasang-iklan-imlek-pemerintah-malaysia-minta-maaf-93USn99CqM.jpg Pemerintah Malaysia meminta maaf atas kesalahan pemuatan iklan tersebut (Foto: Lim Kit Siang/Twitter)

KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia secara resmi meminta maaf atas kesalahan iklan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek di salah satu koran nasional berbahasa Mandarin. Dalam iklan tersebut, terpampang gambar seekor ayam jantan tengah menyalak alih-alih seekor anjing.

Iklan sepanjang satu halaman penuh itu diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan Domestik, Kerjasama, dan Konsumen (KPDNKK). Sebagai informasi, pada Tahun Baru Imlek 2018, masyarakat China memperingati Tahun Anjing Tanah. Sementara Tahun Ayam Api diperingati pada 2017.

Diwartakan Channel News Asia, Jumat (16/2/2018), kesalahan fatal lainnya terjadi pada kata ‘wang’ yang menyertai ayam jantan tersebut. ‘Wang’ dalam bahasa Mandarin adalah bunyi gonggongan seekor anjing. Pihak Kementerian langsung meminta maaf lewat laman Facebook resmi mereka.

“KPDNKK ingin memohon sejuta maaf atas tersiarnya iklan Tahun Baru China. Kesalahan ini disebabkan kesilapan bagian pengiklanan. Selamat Tahun Baru kepada semua yang menyambutnya dan selamat berlibur kepada semua rakyat Malaysia. Gong Xi Fa Cai!” tulis pihak kementerian di Facebook.

“Kami benar-benar menyesal atas ketidaknyamanan ini,” ujar juru bicara Kementerian Perdagangan Domestik, Kerjasama, dan Konsumen (KPDNKK), Luqman Hakim Abd Malik.

BACA JUGA: Spanduk Ucapan Natal Typo, Otoritas Bandara Malaysia Minta Maaf

Kesalahan yang mirip sempat terjadi pada spanduk pengucapan Hari Raya Natal 2017. Otoritas Bandara Malaysia, Malaysia Airport, meminta maaf atas kesalahan penulisan dalam spanduk di Bandar Udara Kota Bharu.

Spanduk tersebut mencantumkan tulisan dalam Bahasa Inggris ‘Mary Christmas and Happy New Years’. Kesalahan pertama terjadi pada kata ‘Mary’ yang seharusnya ditulis ‘Merry’ dan ‘Years’ yang seharusnya ‘Year’.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini