Ledakan Kembang Api di China Sebabkan 4 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 17 Februari 2018 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 16 18 1860610 ledakan-kembang-api-di-china-sebabkan-4-orang-tewas-FRsQVzgLMf.JPG Kembang api merupakan bagian tak terpisahkan dari perayaan Imlek di China (Foto: Aly Song/Reuters)

TONGHAI – Sebuah ledakan terjadi di kios yang menjual kembang api di Tonghai, Provinis Yunnan, China. Ledakan tersebut menyebabkan empat orang tewas dan lima lainnya luka-luka pada Kamis 15 Februari malam waktu setempat, atau satu hari menjelang Tahun Baru Imlek.

Melansir dari ABC News, Sabtu (17/2/2018), ledakan terjadi sekira pukul 23.00 waktu setempat. Otoritas masih menyelidiki penyebab pasti ledakan tersebut.

Tahun Baru Imlek, yang merupakan pekan libur penting di China, jatuh pada Jumat 16 Februari. Jutaan orang bepergian melintasi berbagai wilayah untuk berkumpul bersama keluarga guna merayakan Tahun Baru Imlek 2569 sesuai kalender penanggalan China.

Kembang api merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari perayaan Tahun Baru Imlek. Meski demikian, otoritas China melarang penggunaan kembang api di 400 kota terpisah dengan alasan dapat mencemari udara.

Selain itu, kembang api juga menjadi bagian penting dari perekonomian masyarakat pedesaan di Negeri Tirai Bambu. Namun, tidak sedikit pula kecelakaan berupa ledakan terjadi karena tidak amannya tempat penyimpanan serta pabrik yang memproduksi kembang api.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini