nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Wijayakusuma, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 00:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 16 338 1860371 perbatasan-kota-dan-kabupaten-bekasi-terendam-banjir-0nzcryyfrm.jpg Banjir di Bekasi. (Foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI – Hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur wilayah Bekasi menyebabkan Perumahan Pondok Ungu Permai (PUP) yang berada di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bekasi, kembali terendam banjir cukup parah. Akibatnya, banyak sepeda motor yang mengalami mogok sehingga harus didorong pemiliknya.

"Sering banget banjir di sini. Hujan sejam lebih aja, khususnya yang jalan ke belakang sudah pasti tenggelam. Di jalan ini aja bisa 60 cm, kalau sampai sektor lima bisa sampai 1 meteran," kata Leo (35), warga setempat di Bekasi, Kamis (15/2/2018).

Selain perumahan warga, banjir juga merendam jalan penghubung antara Kota dan Kabupaten Bekasi, sehingga mengganggu akses jalan serta aktivitas pedagang kaki lima dan sejumlah pertokoan di wilayah tersebut.

Menurut Leo, banjir yang dirasakan warga semakin parah tiap tahunnya, lebih disebabkan fungsi drainase yang tidak maksimal serta ruang terbuka hijau (RTH) yang semakin berkurang.

"Saluran air di sini buruk. Ditambah lagi makin banyak pengembang yang bangun perumahan, jadi mengurangi ruang terbuka hijau. Padahal kan berguna untuk resapan air," paparnya.

Warga pun berharap pemerintah setempat dapat segera mencari solusi untuk penanganan banjir yang sering melanda hunian mereka.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, ribuan rumah yang tersebar di sejumlah titik Kota Bekasi, terendam banjir sejak siang tadi.

"Ribuan rumah yang terendam. Saat ini masih dalam pendataan lebih lanjut," katanya melalui pesan tertulis kepada Okezone.

Menurutnya, penyebab banjir akibat hujan yang terus turun dengan intensitas tinggi, sehingga drainase tidak mampu lagi mengalirkan limpasan permukaan.

"Kami berupaya melakukan pendataan dan menugaskan tim reaksi cepat ke lokasi-lokasi yang terdampak banjir," jelasnya.

Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun banjir menyebabkan cukup banyak kerusakan di sejumlah wilayah yang tergenang.

Dan berikut adalah titik-titik banjir di Kota Bekasi berdasarkan data BNPB, diantaranya Kelurahan Pejuang dan Kali Baru di Kecamatan Medansatria. Lalu Kelurahan Harapan Baru, Perumahan Wisma Asri, Kelurahan Kaliabang Tengah dan Perumahan PUP di Kecamatan Bekasi Utara.

Selanjutnya Kelurahan Bintara dan Perumahan Duta Kranji di Kecamatan Bekasi Barat. Kelurahan Aren Jaya dan Perumnas II di Kecamatan Bekasi Timur. Terakhir Kelurahan Pengasinan dan Perumahan Pondok Hijau Permai II di Kecamatan Rawa Lumbu.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini